Tips Penting Agar Mobil Tidak Mogok Saat Hujan

Bang Montir

Cuaca yang buruk dapat mempengaruhi performa kendaraan kita, terutama saat hujan deras. Pada saat seperti itu, kita tidak hanya harus waspada terhadap jalanan yang licin, tetapi juga terhadap kondisi mobil itu sendiri. Mobil mogok saat hujan adalah kejadian yang sering terjadi dan bisa sangat merepotkan. Berikut adalah beberapa tips penting agar mobil Anda tidak mogok saat hujan.

Pastikan Sistem Elektrikal Berfungsi Dengan Baik

Periksa kabel busi apakah basah atau tidak. Selain itu, bersihkan karbon pada kabel busi dan cek apakah ada kabel yang aus atau tidak. Pastikan semua kabel busi berfungsi dengan baik dan pastikan juga lampu mobil berfungsi baik. Hindari menggunakan aki yang sudah aus atau tidak terawat, karena dapat menyebabkan mobil mogok saat hujan.

Ganti Oli Mobil Anda Setiap 5000 KM

Ganti oli dapat memperpanjang umur mesin mobil Anda. Pastikan Anda mengganti oli mobil Anda setiap 5000 km atau 3 bulan. Pastikan oli yang digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda, karena oli yang salah dapat mempengaruhi performa mobil saat hujan.

Periksa Ban Mobil Anda

Pastikan Ban mobil Anda dalam kondisi yang baik. Pastikan tekanan ban mobil sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil, saat ban kekurangan angin dapat mempengaruhi keseimbangan kendaraan. Selain itu, pastikan profil ban mobil Anda cukup dalam untuk memberikan traksi yang baik pada permukaan basah.

Periksa Sistem Kelistrikan Anda

Pastikan sistem kelistrikan mobil Anda berfungsi dengan baik. Pastikan meter pengukur suhu mobil Anda tidak rusak, karena hal ini dapat menyebabkan mesin mobil overheat dan mogok saat hujan. Pastikan juga platina dan koil berfungsi baik. Jangan lupa untuk memeriksa kualitas pengapian mobil Anda.

BACA JUGA:   Menyewa Motor di Bogor secara Murah dan Mudah

Jangan Bergantung Pada Air Wiper

Air wiper pada mobil Anda memang membantu Anda dalam mengeluarkan air dari kaca mobil. Namun, pada saat hujan deras, air wiper mungkin tidak mampu bekerja dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kaca mobil Anda bersih sebelum memulai perjalanan, dan juga pastikan Anda memiliki tisu basah di dalam mobil Anda agar dapat membersihkan kaca mobil dengan mudah saat hujan deras.

Pastikan AC Berfungsi Dengan Baik

Pastikan AC mobil Anda berfungsi dengan baik pada saat hujan. Selain membersihkan kaca mobil, AC juga membantu mengurangi kelembaban di dalam mobil, sehingga tidak terjadi fogging pada kaca mobil.

Dengan mengikuti semua tips ini, Anda dapat memastikan mobil Anda tidak mogok saat hujan deras. Pastikan selalu merawat mobil Anda dengan baik agar performanya selalu terjaga dengan baik. Selalu waspada saat berkendara, terutama saat cuaca buruk seperti hujan. Selamat berkendara dan tetap aman di jalan!

Also Read

Bagikan: