Mobil Mogok dan Upaya Mendorong Nya Ipa

Bang Montir

Mobil mogok di tengah jalan memang bisa menjadi mimpi buruk bagi para pengendara di Indonesia. Dibutuhkan upaya keras untuk bisa mengatasi masalah ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang upaya untuk mendorong mobil mogok agar bisa kembali berjalan dengan normal.

Apa yang Menyebabkan Mobil Mogok?

Sebelum membahas tentang cara mendorong mobil mogok, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan mobil mogok. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil mogok antara lain:

  • Sistem bahan bakar yang rusak atau kotor
  • Generator atau alternator yang rusak
  • Aki yang lemah
  • Mesin yang kepanasan
  • Kabel busi atau pengapian yang rusak
  • Sistem kelistrikan yang bermasalah
  • dll.

Setelah mengetahui penyebab mobil mogok, mari kita bahas tentang cara mendorongnya agar bisa kembali berjalan.

Cara Mendorong Mobil Mogok

  1. Mendorong Mobil dengan Tangan
    Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mendorong mobil secara manual. Caranya cukup mudah, yakni dengan meminta bantuan orang lain untuk mendorong mobil dari belakang sambil kita sendiri duduk di dalam mobil dan memutar kunci kontak. Namun, pastikan dulu bahwa jalan yang dilalui adalah turunan sehingga mobil bisa bergerak dengan lancar.

  2. Menggunakan Jumper Kabel
    Jumper kabel juga bisa menjadi solusi untuk mobil yang mogok. Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan aki mobil yang sehat dengan mobil yang mogok menggunakan kabel jumper. Setelah terhubung, hidupkan mesin mobil yang ‘sehat’ terlebih dahulu, kemudian hidupkan mesin mobil yang mogok.

  3. Membersihkan Sistem Bahan Bakar
    Jika mobil mogok disebabkan oleh sistem bahan bakar yang kotor atau rusak, maka solusinya adalah dengan membersihkannya. Caranya dengan membersihkan saluran bahan bakar, filter bahan bakar, dan injector. Setelah dicuci dan diberi perawatan, motor akan kembali jalan seperti biasa.

  4. Mengganti Generator atau Alternator
    Generator atau alternator yang rusak bisa membuat mobil mogok karena tidak bisa menyalakan sistem kelistrikan. Jika ini yang terjadi maka solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Alarm Motor V12

Kesimpulan

Mobil mogok memang bisa menjadi masalah yang cukup merepotkan. Namun, dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas, masalah ini bisa mudah diatasi. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan terhadap mobil Anda agar terhindar dari masalah seperti ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca setia kami.

Also Read

Bagikan: