Mengenal Alat-Alat Pemasangan Kampas Kopling Mobil yang Diperlukan setelah Diturunkan

Bang Montir

Mengenal Alat-Alat Pemasangan Kampas Kopling Mobil yang Diperlukan Setelah Diturunkan

Pendahuluan

Kampas kopling adalah salah satu bagian penting di dalam mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin ke roda transmisi. Seiring berjalannya waktu, kampas kopling bisa mengalami kerusakan dan perlu diganti. Setelah mobil diturunkan, tentunya diperlukan alat-alat pemasangan kampas kopling yang tepat agar proses penggantian kampas kopling berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal.

Alat-Alat Pemasangan Kampas Kopling Mobil yang Diperlukan

Berikut adalah beberapa alat yang diperlukan untuk melakukan pemasangan kampas kopling mobil setelah mobil diturunkan:

1. Jack (dongkrak)
Alatnya berbentuk seperti balok kayu dengan bagian tengah yang panjang, digunakan untuk mengangkat mobil ke atas agar dapat mencapai area bawah mobil dengan mudah. Saat memilih jack, pastikan jack tersebut memiliki daya angkat yang cukup dan tidak mudah melengkung saat digunakan.

2. Jack Stand (penyangga)
Jack stand merupakan alat yang digunakan untuk menyangga mobil. Alat ini diletakkan di bawah mobil pada saat mobil sudah diangkat menggunakan jack. Jack stand sangat penting karena dapat mencegah mobil terjatuh saat dikerjakan di bawah mobil.

3. Kunci Inggris
Kunci inggris digunakan untuk membuka dan menutup baut pada kampas kopling. Pilihlah kunci inggris dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran baut pada kampas kopling.

4. Obeng
Obeng digunakan untuk membuka dan menutup sekrup atau baut. Ada beberapa jenis obeng, seperti obeng minus dan obeng plus, yang harus dipilih dengan tepat agar bisa membuka dan menutup sekrup dengan mudah.

BACA JUGA:   Spesifikasi Satria FU 2014: Kendaraan Kencang dengan Performa Maksimal

5. Lem
Lem atau perekat digunakan untuk merekatkan bagian-bagian kampas kopling. Pilihlah lem yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kampas kopling yang digunakan.

6. Sandpaper (kertas amplas)
Sandpaper digunakan untuk membersihkan bagian-bagian komponen kampas kopling, seperti plat penerus dan piringan kampas kopling. Pastikan sandpaper yang digunakan sudah cukup kasar agar semakin mudah membersihkan kotoran yang menempel pada permukaannya.

Cara Pemasangan Kampas Kopling Mobil

Berikut adalah langkah-langkah cara pemasangan kampas kopling mobil setelah mobil diturunkan:

1. Angkat mobil menggunakan jack
Pertama-tama, angkat mobil menggunakan jack dan letakkan jack stand di bawah mobil sebagai penyangganya. Pastikan mobil sudah stabil dan tidak bergoyang saat sudah diangkat menggunakan jack.

2. Buka plat penerus
Setelah mobil sudah diangkat, langkah selanjutnya adalah membuka plat penerus pada kampas kopling dengan menggunakan kunci inggris. Pastikan kunci inggris yang digunakan sesuai dengan ukuran baut pada plat penerus.

3. Lepaskan kampas kopling lama
Setelah plat penerus terbuka, kampas kopling lama dapat diangkat dan dilepaskan dengan hati-hati. Pastikan tidak ada bagian yang rusak atau bengkok pada kampas kopling yang ingin diganti.

4. Bersihkan komponen kampas kopling
Sebelum memasang kampas kopling yang baru, pastikan untuk membersihkan bagian-bagian komponen kampas kopling, seperti plat penerus dan piringan kampas kopling, dengan menggunakan sandpaper agar semakin mudah membersihkan kotoran yang menempel pada permukaannya.

5. Pasang kampas kopling baru
Setelah membersihkan komponen kampas kopling, pasang kampas kopling yang baru di tempat yang seharusnya. Pastikan kampas kopling baru sudah terpasang dengan benar dan rapat.

6. Rekatkan bagian-bagian kampas kopling
Setelah pemasangan kampas kopling selesai, rekatkan bagian-bagian kampas kopling, seperti plat penerus dan piringan kampas kopling, menggunakan lem yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kampas kopling yang digunakan.

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Mobil Zebra Mogok

7. Lapisi plat penerus dengan asbes
Sebelum menutup plat penerus, lapisi bagian dalamnya dengan asbes agar tahan terhadap panas dan bisa memperpanjang umur kampas kopling.

8. Pasang kembali plat penerus
Setelah asbes terlapisi dengan rapi, pasang kembali plat penerus pada kampas kopling menggunakan kunci inggris dengan ukuran yang sesuai. Pastikan plat penerus sudah terpasang dengan rapat dan tidak bergerak saat digunakan.

Itulah beberapa alat yang diperlukan dan juga langkah-langkah yang perlu dilakukan saat melakukan pemasangan kampas kopling mobil setelah mobil diturunkan. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi kampas kopling secara berkala dan menggantinya saat diperlukan agar mobil dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat!

Also Read

Bagikan:

Tags