Apa Gejala-Gejala Kerusakan Kampas Kopling yang Harus Diwaspadai oleh Pengemudi?

Bang Montir

Apa sajakah Gejala Kerusakan yang Dirasakan oleh Pengemudi yang Menunjukkan Jika Kampas Kopling Telah Aus?

Kampas kopling adalah salah satu komponen utama pada sebuah mobil yang bertugas menghubungkan transmisi dengan mesin. Dalam prosesnya, kampas kopling ini bertugas untuk mengendalikan torsi yang dihasilkan oleh mesin agar dapat disalurkan ke roda. Bila kampas kopling mulai rusak, maka akan terjadi kerusakan pada bagian lain juga.

Gejala kerusakan pada kampas kopling dapat dirasakan oleh pengemudi melalui beberapa hal. Berikut ini adalah penjelasan mengenai gejala kerusakan pada kampas kopling yang dapat dirasakan oleh pengemudi.

1. Sulit Memindahkan Gigi ke Posisi Netral

Sulit memindahkan gigi ke posisi netral bisa jadi salah satu indikasi kampas kopling mulai aus. Hal ini dikarenakan adanya keausan pada plat gesek yang menyebabkan daya cengkram kampas kopling menurun. Hal ini menyebabkan pengemudi dalam memindahkan gigi harus berusaha lebih keras lagi.

2. Selip pada Perpindahan Gear

Selip pada saat perpindahan gear juga bisa jadi salah satu gejala kerusakan pada kampas kopling. Hal ini disebabkan oleh hilangnya daya cengkram kampas kopling yang membuat pengemudi harus menekan pedal kopling dengan lebih keras lagi untuk memindahkan gigi.

3. Kehilangan Tenaga

Ketika kampas kopling mulai aus, kinerja mobil akan menurun drastis. Hal ini dikarenakan mesin tidak dapat menyalurkan torsi dengan baik lagi ke roda. Akibatnya, tenaga yang dihasilkan mesin akan terasa lebih lemah dari biasanya, karena torsi tidak dapat disalurkan dengan baik.

BACA JUGA:   Cara Pasang Kampas Kopling Mobil Isuzu dengan Mudah

4. Getaran pada Pedal Kopling

Gejala kerusakan kampas kopling yang terakhir ialah getaran pada pedal kopling. Hal ini dikarenakan adanya keausan pada plat gesek yang menyebabkan kampas kopling tidak dapat mencengkram dengan baik. Akibatnya, getaran dari mesin akan ikut terasa pada pedal kopling.

Ketika kerusakan pada kampas kopling sudah mencapai tingkat yang parah, maka mobil tidak akan berjalan dengan baik lagi, karena mesin tidak dapat menyalurkan torsi secara efektif. Oleh karena itu, segeralah melakukan perawatan pada kampas kopling jika sudah mulai dirasakan gejala-gejala kerusakan yang telah disebutkan di atas. Perawatan yang tepat akan menjamin kinerja mesin tetap stabil dan mobil akan berjalan dengan baik.

Selain itu, jika anda ingin menghemat biaya, maka anda juga bisa melakukan perawatan sendiri pada kampas kopling. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli kampas kopling yang sesuai dengan jenis mobil anda, lalu membersihkan dan mengganti plat gesek dan busi sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan.

Akhir kata, kerusakan pada kampas kopling bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, jangan sampai anda abaikan gejala-gejala kerusakan pada kampas kopling yang sudah disebutkan di atas. Perawatan yang tepat akan menjamin kinerja mesin tetap stabil dan mobil akan berjalan dengan baik.

Also Read

Bagikan:

Tags