Tips Mengecek Mobil Mogok Agar Bisa Bergerak Maju

Bang Montir

Jika mobil Anda mengalami masalah mogok, tentu Anda ingin segera membawanya ke bengkel. Namun, sebelum itu terjadi, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar mobil mogok bisa bergerak maju jika didorong. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

Periksa Bahan Bakar dan Sistem Pengisian Bahan Bakar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa mobil Anda memiliki cukup bahan bakar. Pastikan juga bahwa filter bahan bakar tidak tersumbat dan sistem pengisian bahan bakar bekerja dengan baik.

Cek Sistem Pengapian dan Busi

Sistem pengapian yang rusak atau busi yang aus dapat menyebabkan mobil mogok. Pastikan bahwa busi Anda berfungsi dengan baik dan diperiksa secara berkala.

Periksa Sistem Baterai dan Starter

Jika mobil mogok saat dinyalakan, kemungkinan besar ada masalah dengan sistem baterai dan starter. Pastikan bahwa baterai tidak kosong atau rusak dan starter berfungsi dengan baik.

Cek Sistem Kelistrikan

Jika semua sistem sebelumnya bekerja dengan baik, kemungkinan masalah ada pada sistem kelistrikan mobil. Periksa kabel dan sambungan kelistrikan untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik.

Periksa Sistem Pendingin

Overheat juga dapat menyebabkan mobil mogok. Pastikan bahwa sistem pendingin mobil berfungsi dengan baik dan cek juga level cairan pendingin.

Coba Tekan Pedal Gas Sedikit Keras

Jika mobil mogok saat berjalan, cobalah untuk menekan pedal gas sedikit keras ketika Anda mencoba menghidupkan mesin. Hal ini dapat membantu mobil bergerak maju jika didorong dan membantu mesin untuk menyala kembali.

BACA JUGA:   Harga Mobil Baru di Solo: Kumpulan Informasi Terbaru

Jangan Lupa Selalu Siapkan Peralatan Darurat

Terakhir, pastikan Anda selalu siapkan peralatan darurat seperti kunci roda, kunci pas dan dongkrak. Hal ini akan memudahkan Anda jika terjadi masalah saat berkendara.

Dengan mengikuti tips diatas, Anda akan dapat mengecek mobil mogok secara mandiri dan memastikan mobil Anda bisa bergerak maju jika didorong. Jangan lupa selalu berhati-hati dan berkendara dengan aman.

Also Read

Bagikan: