Tips dan Trik Perawatan Kopling Manual agar Awet dan Tahan lama

Bang Montir

Bagaimana Perawatan kopling Manual Biar Awet?

Kopling manual merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga putaran mesin motor ke roda. Pemeliharaan kopling manual terutama ditujukan untuk membuat kopling manual tetap berfungsi secara optimal. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan perawatan kopling manual agar tetap awet:

Rutin Mengganti Oli

Cara mudah pertama yakni rutin mengganti oli. Pada umumnya, umur pakai oli pada kopling adalah sekitar 500 hingga 1.000 km. Jika Anda ingin mengganti oli pada kopling manual, Anda bisa menggunakan oli jenis minyak goreng. Jangan gunakan oli sepeda motor, karena oli sepeda motor tidak cocok untuk kopling manual.

Rajin Melakukan Pengecekan

Pada motor bermesin kopling manual, tentu saja kinerja kopling motor Anda harus selalu prima. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan pengecekan pada kopling motor. Pengecekan tersebut bertujuan untuk mengetahui keadaan kopling motor, apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah mulai menurun.

Cek Pergerakan Tuas dan Kabel Kopling

Selain melakukan pengecekan secara visual, Anda juga bisa melakukan periksa pergerakan pada tuas dan kabel kopling. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada tuas dan kabel kopling. Misalnya, ada kendala pada pergerakan tuas kopling, atau adanya kendala pada kabel kopling. Jika Anda menemukan masalah pada komponen-komponen tersebut, segeralah lakukan perbaikan pada tuas dan kabel kopling untuk mengembalikan kinerja kopling motor ke normal.

Ganti Sarung Kabel Kopling

Terakhir, Anda juga harus rajin mengganti sarung kabel kopling. Sarung kabel kopling berfungsi sebagai pelindung dari komponen-komponen dalam kopling. Selain itu, sarung kabel kopling juga berfungsi untuk mencegah kotoran yang masuk ke dalam kopling. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rajin mengganti sarung kabel kopling.

BACA JUGA:   Cara Kerja Kopling Otomatis pada Mobil Matic

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai cara perawatan kopling manual biar awet. Rutin mengganti oli, rajin melakukan pengecekan, cek pergerakan tuas dan kabel kopling, dan ganti sarung kabel kopling adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kopling motor tetap berfungsi dengan baik. Perawatan yang baik dan teratur akan membuat kopling motor Anda tahan lama dan awet.

Also Read

Bagikan:

Tags