Tips Berkendara Saat Hujan Deras

Bang Montir

Saat musim hujan tiba, berkendara dapat menjadi tantangan yang cukup berat terutama saat hujan turun dengan deras. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda berkendara di jalan raya basah dan licin. Berikut tips berkendara saat hujan deras:

Persiapkan Kendaraan Anda

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik sebelum memulai perjalanan. Periksa rem, ban, kaca depan dan wiper. Pastikan juga lampu depan dan belakang berfungsi dengan baik dan bersihkan kaca depan dari kotoran. Anda dapat memilih ban yang lebih cocok untuk kondisi jalan basah.

Konsentrasi Penuh dan Jangan Terburu-Buru

Perhatikan dengan seksama kondisi jalan dan berkendara dengan pelan-pelan. Jangan terburu-buru agar dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan yang basah dan licin. Jagalah jarak dengan kendaraan di depan Anda agar dapat berhenti dengan aman jika terjadi sesuatu.

Gunakan Lampu Pengaman

Gunakan lampu pengaman atau lampu hazard agar kendaraan di belakang Anda dapat melihat dengan jelas. Saat hujan deras, penglihatan kita terganggu sehingga penggunaan lampu pengaman sangat penting.

Hindari Air Berdiri

Hindari daerah yang memiliki genangan air berdiri. Genangan air dapat membuat kendaraan Anda tergelincir atau terhenti karena ban tidak memiliki cengkeraman yang cukup. Jangan mengemudikan kendaraan di sudut jalan, saat melewati daerah dengan genangan air.

Gunakan Rem Dengan Lembut

Pastikan Anda menginjak rem dengan lembut agar ban tidak terkunci dan membuat kendaraan hilang kendali atau tergelincir. Rem perlahan namun pasti dapat menjadi senjata ampuh saat berkendara di jalan basah dan licin.

BACA JUGA:   Memahami Biaya Pantek Kampas Kopling Mobil: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Gunakan Wiper Dengan Benar

Gunakan wiper dengan benar agar dapat membersihkan air dari kaca depan Anda dengan baik. Jika wiper tidak berfungsi dengan baik, bawa ke bengkel untuk diperiksa dan dibersihkan.

Tetap Waspada

Pastikan Anda tetap waspada ketika berkendara di jalan basah dan licin. Jangan terganggu dengan suara musik yang terlalu keras atau mengobrol dalam telepon seluler. Jagalah jarak dengan kendaraan di depan Anda dan perhatikan kondisi jalan.

Hindari Tempat Yang Rawan Longsor

Saat hujan deras, beberapa daerah dapat menjadi rawan longsor. Pastikan Anda tetap menjaga jarak dan menghindari daerah yang berpotensi terjadi longsor.

Bersihkan Kaca Spion

Pastikan Anda membersihkan kaca spion dari air hujan agar dapat melihat kendaraan di belakang dengan jelas. Penglihatan yang jelas merupakan salah satu kunci dalam berkendara di jalan basah dan licin.

Simpan Jarak

Yang terakhir, simpan jarak dengan kendaraan lain. Sering kali, saat kita berkendara dalam kecepatan tinggi, kita lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain. Simpan jarak agar dapat mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan saat hujan deras.

Mulai sekarang, saat berkendara saat hujan deras, jangan lupa untuk memperhatikan tips-tips tersebut agar perjalanan Anda menjadi lebih aman dan lancar. Ingat, prioritaskan keselamatan Anda dan penumpang. Selamat berkendara!

Also Read

Bagikan: