Spesifikasi Honda CB 100: Motor Klasik yang Legendaris

Bang Montir

Jika Anda mencari motor klasik yang legendaris, salah satu yang harus dipertimbangkan adalah Honda CB 100. Motor ini mempunyai sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1970-an dan masih sangat disukai oleh penggemar motor yang mencari kecepatan dan desain ikonik. Dalam artikel ini, saya akan memberikan spesifikasi lengkap Honda CB 100, dari mesin hingga desain terbaru.

Desain

Honda CB 100 dapat dikenali dari desain ikoniknya. Motor ini memiliki bentuk tubuh yang ramping, dengan rangka kepala yang tegak. Desain ini memberikan kesan futuristik pada zamannya dan masih terlihat modern sampai saat ini. Honda CB 100 di pasaran saat ini masih memakai desain bentuk tubuh yang sama dengan mesin yang lebih efisien.

Mesin

Mesin Honda CB 100 adalah mesin empat langkah, berkapasitas 99cc, dengan sistem pengapian CDI. Motor ini dilengkapi dengan transmisi manual 4-percepatan, yang memungkinkan pengendara untuk mengendalikan kecepatan sesuai dengan preferensi pengendara. Dalam hal performa, motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 11,2 bhp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 8,6 Nm pada 6.000 rpm.

Suspensi

Dalam hal suspensi, Honda CB 100 dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang dengan ganda jaringan baja. Suspensi depan dikalibrasi untuk menangani kejut dari jalan dan menjaga stabilitas. Sementara itu, suspensi belakang yang solid juga cukup tangguh untuk menahan beban pengendara mengemudikan motor ini di berbagai kondisi jalan.

Rem

Honda CB 100 dilengkapi dengan rem cakram depan dan drum belakang. Rem cakram memberikan daya rem yang lebih besar dan responsif pada saat Anda membutuhkannya, sedangkan rem drum di belakang berguna untuk memberikan stabilitas dan pengendalian pada saat berhenti.

BACA JUGA:   Ukuran Stang Seher Vario 150: Solusi Perbaikan Sepeda Motor Anda

Ergonomi

Honda CB 100 dirancang dengan ergonomi yang sesuai dengan postur pengendara yang berbeda-beda. Pengendara dari berbagai tinggi badan dapat dengan mudah menyesuaikan posisi berkendara yang cocok berkat posisi duduk yang bervariasi pada roda depan dan belakang.

Harga

Harga Honda CB 100 tergantung pada tahun pembuatan dan kondisi motor itu sendiri. Harga yang dibanderol untuk motor produksi awal hingga mid-70-an biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan motor yang diproduksi belakangan. Semakin banyak modifikasi yang dilakukan pada motor, harga jualnya juga akan meningkat.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang lengkap dan desain yang ikonik, Honda CB 100 adalah motor klasik yang layak dimiliki. Mesinnya bertenaga, suspensinya kokoh, dan remnya responsif, menjadikan motor ini sangat cocok untuk penggemar motor yang mencari kecepatan dan gaya. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli motor klasik, Honda CB 100 akan menjadi pilihan yang tepat.

Also Read

Bagikan: