Perawatan dan Pengukuran Kopling Mobil

Bang Montir

Kopling mobil merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Kopling berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan transmisi sehingga dapat mengatur laju kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan kopling mobil secara berkala. Salah satu cara untuk merawat kopling mobil adalah dengan melakukan pengukuran kopling mobil secara teratur.

Pengukuran Kopling Mobil

Pengukuran kopling mobil dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang disebut sebagai feeler gauge. Alat ini terdiri dari beberapa ukuran lembaran baja tipis yang dipakai untuk mengukur celah antara lempengan kopling dengan lempengan pelepasan (pressure plate).

Proses pengukuran kopling mobil meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan dingin.
  2. Lepaskan roda gigi dari posisi gigi persneling.
  3. Matikan mesin mobil.
  4. Lepaskan kopling dan jangan tempatkan kaki pada pedal kopling.
  5. Tempatkan alat bantu feeler gauge di antara lempengan kopling dan lempengan pelepasan (pressure plate).
  6. Ukur celah pada kedua sisi secara merata.
  7. Catat hasil pengukuran dan lakukan perbaikan jika terdapat perbedaan celah yang signifikan.

Perawatan Kopling Mobil

Selain melakukan pengukuran kopling mobil secara teratur, perawatan kopling mobil juga dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Sering-seringlah mengenai kopling mobil secara lembut dan hati-hati sehingga tidak terjadi gesekan yang berlebihan pada kopling.
  2. Pastikan pedal kopling tidak terinjak berlebihan dan jangan menginjak pedal kopling dalam posisi mobil dalam keadaan diam.
  3. Lakukan penggantian oli transmisi secara berkala sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan.
  4. Pastikan saluran udara dan sistem pendingin mesin dalam keadaan baik dan terawat secara berkala.
  5. Jangan melakukan tindakan yang dapat merusak kopling mobil seperti mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dalam waktu yang lama.
BACA JUGA:   Penyebab Selip Kopling Mobil

Kesimpulan

Kopling mobil merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor, oleh karena itu perawatan dan pengukuran kopling mobil sangat diperlukan untuk memastikan kendaraan tetap dalam kondisi yang baik. Melakukan pengukuran kopling mobil secara teratur akan membantu mengidentifikasi permasalahan dengan cepat sehingga dapat dilakukan perbaikan yang efektif. Disamping itu, melakukan perawatan kopling mobil secara berkala juga akan memperpanjang masa pakai kopling dan menghindari kerusakan atau kegagalan yang tidak diinginkan pada saat berkendara.

Also Read

Bagikan: