Peralatan Membuka Kopling Mobil

Bang Montir

Jika Anda adalah seorang pengemudi mobil, Anda pasti mengetahui betapa pentingnya peran sistem kopling pada mobil Anda. Sistem ini bertugas untuk menghubungkan mesin dan transmisi sehingga mobil Anda dapat bergerak. Saat mulai mengalami masalah pada kopling, biasanya kesulitan saat memindahkan gigi dan mobil umumnya lebih sulit untuk dioperasikan.

Nah, bagaimana cara membuka kopling mobil? Dalam artikel ini akan dibahas peralatan membuka kopling mobil yang diperlukan sehingga proses perbaikan kopling dapat dilakukan dengan mudah.

Peralatan Membuka Kopling Mobil

Berikut adalah beberapa peralatan yang biasanya dibutuhkan untuk membuka kopling mobil:

1. Kunci Inggris

Kunci Inggris adalah peralatan yang paling sering dibutuhkan saat membuka kopling mobil. Pilihlah kunci inggris yang sesuai ukuran dengan paku dalam kopling. Kunci inggris harus digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak paku dalam kopling.

2. Kunci Sok

Kunci sok juga bisa digunakan untuk membuka kopling mobil dan umumnya dapat digunakan untuk membuka tiga jenis mur, yaitu mur biasa, mur baut dan mur sekrup. Sama seperti kunci inggris, kunci sok juga harus digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak kopling atau mur yang dibuka.

3. Ring Penjepit

Ring penjepit atau spanner biasanya digunakan untuk membuka mur atau baut pada bagian dalam mobil yang sulit dijangkau. Misalnya pada saat memperbaiki kopling yang terletak di dekat dudukan mesin.

4. Sikat

Untuk membersihkan kopling perlu menggunakan sikat agar terlihat bersih dan bekerja dengan baik. Ada banyak jenis sikat yang dijual di toko peralatan mobil, namun pilihlah yang sesuai dengan jenis kopling mobil Anda.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Tentang Kampas Kopling Mobil

5. Kain Lap

Setelah selesai membersihkan kopling, sebaiknya gunakan kain lap untuk menghapus sisa-sisa air atau oli yang mungkin masih tertinggal. Kain lap juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian-bagian lain pada mobil Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa peralatan membuka kopling mobil yang biasanya dibutuhkan. Pastikan peralatan yang digunakan telah dikalibrasi dengan benar dan gunakan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada mobil Anda. Dengan mengikuti tips dan trik dalam artikel ini, Anda dapat membuka kopling mobil dengan mudah di rumah. Jadi, jangan khawatir lagi ketika mengalami masalah pada kopling mobil Anda.

Also Read

Bagikan: