Penyebab Timbulnya Kopling Mobil Bergetar

Bang Montir

Kopling mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem transmisi mobil. Bagaimana tidak, kopling menjadi perantara antara mesin dan transmisi mobil, sehingga membuat mobil bisa digunakan dengan lebih efektif. Namun apa jadinya jika tiba-tiba kopling mobil mulai bergetar? Tentunya akan sangat mengganggu pengalaman berkendara.

Berikut adalah beberapa penyebab timbulnya kopling mobil bergetar :

1. Komponen Kopling Aus

Salah satu penyebab timbulnya kopling mobil bergetar adalah karena komponen kopling sudah aus. Jika kopling sudah aus, maka disc kopling menjadi tipis dan mudah terkikis. Hal ini tentu akan membuat kopling menjadi lebih licin dan tidak lagi mampu mengerjakan fungsinya dengan baik.

2. Sistem Transmisi Bermasalah

Selain itu, masalah pada sistem transmisi juga dapat menjadi penyebab timbulnya kopling mobil bergetar. Jika gigi pada sistem transmisi mobil tidak sinkron, maka otomatis kopling juga menjadi tidak sinkron dengan sistem transmisi. Hal ini tentu akan menyebabkan kopling mobil bergetar saat digunakan.

3. Bagian Shaft Propeller Bermasalah

Salah satu komponen lain yang juga berpengaruh pada kopling mobil adalah bagian shaft propeller. Jika bagian ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka kopling mobil juga akan bergetar saat digunakan.

4. Tekanan Udara pada Ban Mobil

Tekanan udara pada ban mobil juga memiliki pengaruh pada kopling mobil. Jika tekanan udara pada ban tidak seimbang, maka hal ini akan membuat mobil berjalan dengan tidak stabil, termasuk juga kopling mobil yang bergetar saat digunakan.

BACA JUGA:   Cara Mengganti Kampas Kopling Mobil

5. Sudah Waktunya Untuk Penggantian Kopling

Jika semua faktor diatas tidak ditemukan, maka kemungkinan besar kopling sudah memasuki usia pakainya dan perlu diganti. Kopling yang sudah berusia cukup lama akan mengalami keausan dan tidak bisa mengerjakan fungsinya sebagaimana mestinya.

Also Read

Bagikan: