Penyebab Mobil Mogok Saat Hujan

Bang Montir

Jangan menganggap remeh masalah mobil yang mogok saat hujan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa penyebab dan cara untuk menghindari mobil mogok saat hujan.

Ban yang Aus atau Sudah Tua

Salah satu penyebab utama mobil mogok saat hujan adalah ban yang aus atau sudah tua. Ban yang aus atau sudah tua cenderung lebih licin dan tidak memiliki daya cengkeram yang cukup ketika menempuh jalan yang basah. Sebaiknya, periksa kondisi ban mobil Anda secara berkala dan pastikan untuk mengganti ban yang sudah aus atau tua.

Air di Saluran Udara atau Bahan Bakar

Air dapat masuk ke dalam sistem bahan bakar atau saluran udara mobil dan menyebabkan mobil mogok saat hujan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk memeriksa sistem bahan bakar dan saluran udara secara berkala dan pastikan untuk mengganti filter bahan bakar dan udara secara berkala.

Aki yang Lemah atau Rusak

Sistem pengisian aki dan alternator mobil biasanya terkena air hujan. Jika aki atau alternator yang lemah atau rusak, mobil mungkin tidak dapat dihidupkan saat hujan. Pastikan untuk memeriksa sistem pengisian aki dan alternator secara berkala dan pastikan untuk mengganti aki yang sudah lemah atau rusak.

Konsleting pada Sistem Kelistrikan

Konsleting pada sistem kelistrikan mobil juga dapat menyebabkan mobil mogok saat hujan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk memeriksa sistem kelistrikan mobil secara berkala dan pastikan untuk mengganti kabel kelistrikan yang sudah tua atau rusak.

BACA JUGA:   Cara Ganti Seher Vario 125

Kondisi Wiper yang Tidak Baik

Wiper yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan penglihatan Anda terganggu dan membahayakan keselamatan berkendara saat hujan. Pastikan untuk memeriksa kondisi wiper secara berkala dan pastikan untuk mengganti karet wiper yang sudah aus atau rusak.

Bagaimana Cara Menghindari Mobil Mogok Saat Hujan?

  • Periksa kondisi ban mobil secara berkala dan pastikan untuk mengganti ban yang sudah aus atau tua.
  • Periksa sistem bahan bakar dan saluran udara mobil secara berkala dan pastikan untuk mengganti filter bahan bakar dan udara secara berkala.
  • Periksa sistem pengisian aki dan alternator secara berkala dan pastikan untuk mengganti aki yang sudah lemah atau rusak.
  • Periksa sistem kelistrikan mobil secara berkala dan pastikan untuk mengganti kabel kelistrikan yang sudah tua atau rusak.
  • Periksa kondisi wiper secara berkala dan pastikan untuk mengganti karet wiper yang sudah aus atau rusak.
  • Ketika berkendara saat hujan, pastikan untuk menghidupkan lampu dan membuka jendela untuk memastikan penglihatan yang lebih jelas.

Kesimpulan

Mobil mogok saat hujan bukanlah masalah yang sepele dan bisa membahayakan keselamatan berkendara. Ada banyak penyebab yang bisa membuat mobil mogok saat hujan, tetapi dengan melakukan perawatan secara berkala, mobil Anda dapat tetap berjalan dengan baik saat hujan. Pastikan untuk mengikuti tips dan saran dari artikel ini agar mobil Anda tetap aman dan nyaman saat berkendara di jalan yang basah.

Also Read

Bagikan: