Penyebab Mobil Mogok Saat Banjir

Bang Montir

Mobil adalah kendaraan yang memudahkan perjalanan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Namun, ketika terjadi banjir, mobil seringkali mengalami gangguan dan masalah di tengah jalan. Mobil mogok saat banjir sering menjadi masalah yang dialami oleh pengguna kendaraan bermotor. Terjadinya hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan penting bagi pengguna mobil untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab Mobil Mogok Saat Banjir

Air Masuk ke Ruang Bakar

Salah satu penyebab mobil mogok saat banjir adalah air yang masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini terjadi ketika air yang cukup tinggi sampai ke permukaan mesin mobil. Air menghalangi udara yang seharusnya masuk ke dalam ruang bakar. Akibatnya, campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang sehingga mobil sulit dinyalakan atau bahkan mogok.

Air Masuk ke dalam Sistem Injeksi Bahan Bakar

Selain ruang bakar, air juga dapat masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar mobil. Biasanya hal ini terjadi ketika air sampai pada bagian filter bahan bakar atau pada bagian fuel pump. Ketika air masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar, proses penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar menjadi terganggu. Akibatnya, mesin mobil mogok dan tidak dapat dinyalakan.

Air Masuk ke dalam Sistem Listrik

Air yang masuk ke dalam sistem listrik mobil dapat memicu kegagalan mesin akibat kerusakan pada sistem kelistrikan. Hal ini bisa terjadi ketika air sampai pada sistem kabel busi atau pada alat pengisian daya mobil. Kehadiran air pada sistem listrik menyebabkan korsleting dan kerusakan pada sistem, sehingga merusak komponen yang diperlukan agar mesin bisa dinyalakan.

BACA JUGA:   Oli yang Bagus untuk Vixion Old

Air Masuk ke dalam Sistem Penggerak

Saat kondisi banjir, air dapat masuk ke dalam sistem penggerak mobil seperti differensial, transmisi dan roda gigi. Kehadiran air dapat mempengaruhi kinerja sistem penggerak dengan korosi atau karat, sehingga performa mobil menjadi berkurang dan akhirnya mogok.

Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Banjir

Agar mobil tidak mogok saat banjir, pengguna mobil perlu melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Hindari Melintasi Kawasan Banjir

Menghindari melintasi kawasan banjir adalah jalan terbaik untuk menghindari terjadinya mobil mogok akibat banjir. Pengguna mobil dapat mencari rute alternatif untuk menghindari jalur yang tergenang air.

2. Naikkan Mesin Mobil

Pengguna mobil dapat menjaga mesin mobil tetap aman dari terkena air dengan menaikkan posisi mobil. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengendarai mobil ke tempat yang lebih tinggi atau menggunakan batu bata untuk menaikkan posisi mobil.

3. Matikan Mesin dan Cabut Kunci Mobil

Ketika kondisi mobil tergenang air, pengguna mobil sebaiknya segera mematikan mesin dan mencabut kunci mobil. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin dan sistem listrik mobil.

4. Bersihkan Mobil Setelah Banjir

Jika mobil terkena banjir, pastikan untuk membersihkannya dengan membersihkan air yang tertinggal pada bagian-bagian mesin dan sistem kelistrikan mobil. Hal ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut akibat kehadiran air dalam mobil.

Kesimpulan

Mobil mogok akibat banjir adalah masalah yang sering terjadi. Ada beberapa penyebab mobil mogok saat banjir seperti air masuk ke dalam ruang bakar, air masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar, air masuk ke dalam sistem listrik, dan air masuk ke dalam sistem penggerak. Walaupun demikian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengguna mobil untuk menghindari mobil mogok saat banjir. Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi masalah mobil mogok saat banjir.

Also Read

Bagikan: