Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Bang Montir

Pengenalan

Mobil mogok mendadak merupakan sebuah kondisi dimana mesin mobil tiba-tiba mati atau tidak mau menyala saat dihidupkan. Kejadian ini tentu saja sangat menjengkelkan, apalagi jika terjadi di saat-saat penting seperti saat perjalanan jauh atau saat terburu-buru menuju suatu tempat. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab sebuah mobil mogok mendadak, dan pada artikel ini kita akan membahasnya secara detail.

Bahan Bakar

Salah satu penyebab mobil mogok mendadak yang paling umum adalah kehabisan bahan bakar. Hal ini sering terjadi pada pengendara yang terlalu mengandalkan indikator level bahan bakar pada dashboard tanpa memperhatikan jarak yang telah ditempuh. Ketika bahan bakar habis, mesin mobil tidak akan dapat dihidupkan kembali hingga ditambahkan bahan bakar.

Baterai

Baterai merupakan komponen penting pada mobil dimana fungsinya adalah memberikan listrik untuk menghidupkan mesin. Jika baterai rusak atau kehabisan daya, mobil tidak akan dapat dihidupkan kembali. Beberapa tanda-tanda baterai mobil yang rusak adalah lampu indikator pada dashboard menyala redup, bunyi klakson menjadi lemah, atau lampu kabin menyala redup ketika pintu mobil dibuka.

Koil

Koil adalah komponen pada mesin mobil yang berfungsi untuk menyalakan api pada busi sehingga mesin dapat hidup. Jika koil mengalami kerusakan atau mati, mobil tidak akan dapat dihidupkan kembali. Tanda-tanda koil mobil yang rusak antara lain mobil kesulitan dihidupkan, adanya getaran yang tidak normal pada mesin, atau mobil kehilangan daya pada saat dijalankan.

Mesin

Jika masalah pada mobil terletak pada mesinnya sendiri, mobil juga dapat mengalami mogok mendadak. Beberapa penyebab masalah pada mesin mobil antara lain kerusakan pada sistem bahan bakar, masalah pada sistem pendinginan, ataupun kerusakan pada sistem pengapian dan pembakaran. Jika masalah pada mesin terlalu serius, pengendara tidak dianjurkan untuk membuka kap mesin sendiri, melainkan segera membawa mobil ke bengkel terdekat.

BACA JUGA:   Opel Blazer Tarikan Berat

Sistem Listrik

Sistem listrik pada mobil juga dapat menjadi penyebab mobil mogok mendadak. Sistem listrik yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin mobil mati tidak mau menyala saat dihidupkan. Beberapa tanda-tanda bahwa sistem listrik mobil bermasalah antara lain lampu belum terang ketika dinyalakan, radio atau audio mobil tidak dapat diputar, atau air conditioning tidak berfungsi dengan baik.

Penutup

Mogok mendadak akan selalu menjadi sebuah masalah yang tidak diinginkan bagi siapa saja yang mengalami. Namun, dengan mengetahui beberapa penyebab umum tersebut, pengendara dapat melakukan pencegahan dan juga mengetahui tindakan yang harus dilakukan apabila mengalami masalah tersebut. Penting untuk selalu memperhatikan kondisi mobil secara keseluruhan, dan melakukan rutin perawatan pada mobil supaya terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Also Read

Bagikan: