Penyebab Kopling Mobil Bunyi

Bang Montir

Kopling merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Fungsinya adalah untuk menghubungkan mesin dan transmisi, sehingga roda penggerak dapat berputar. Namun, seringkali terjadi masalah pada kopling mobil, salah satunya adalah bunyi yang mengganggu. Terdengar sebagai suara gemeretak saat menginjak pedal kopling atau saat mobil berjalan. Lalu, apa penyebab kopling mobil bunyi?

Cek Kondisi Piringan Kopling

Kondisi piringan kopling yang sudah aus atau rusak bisa menyebabkan bunyi saat menginjak pedal kopling. Hal ini disebabkan karena piringan kopling tidak lagi bisa menempel dengan sempurna pada flywheel. Sehingga saat dikopel, piringan kopling bergesekan dengan flywheel dan menghasilkan bunyi yang tidak enak didengar.

Periksa Kondisi Bearing Kopling

Bearing kopling juga bisa menyebabkan bunyi pada kopling mobil. Pada saat mesin hidup dan mobil diam, putar setir ke kiri dan kanan dengan posisi pedal kopling tidak diinjak. Jika terdengar suara yang berbeda dari biasanya, bisa jadi bearing kopling perlu diganti. Suara yang dihasilkan biasanya berupa gemeretak atau desisan.

Cek Kondisi Kabel Kopling

Kondisi kabel kopling yang kendor atau putus bisa menyebabkan bunyi pada kopling mobil. Hal ini dikarenakan posisi kopling tidak benar sehingga menghasilkan bunyi yang tidak enak didengar. Pastikan kadar cairan kopling juga sudah cukup, karena jika kadar cairan kurang, bisa mempengaruhi kinerja kabel kopling.

Periksa Kondisi Flywheel

Flywheel merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat piringan kopling menempel. Jika flywheel sudah rusak atau bergaris, bisa menyebabkan bunyi pada kopling mobil. Hal ini disebabkan karena piringan kopling tidak lagi bisa menempel secara optimal pada flywheel sehingga menyebabkan suara gemeretak.

BACA JUGA:   Komponen Kampas Kopling Mobil

Cek Kondisi Pressure Plate

Pressure plate merupakan komponen yang berfungsi untuk menekan piringan kopling ke flywheel. Jika pressure plate sudah aus atau rusak, bisa menyebabkan bunyi pada kopling mobil. Hal ini disebabkan karena piringan kopling tidak bisa menempel dengan sempurna pada flywheel, sehingga saat dikopel, piringan kopling bergesekan dengan flywheel dan menghasilkan bunyi.

Penutup

Itulah beberapa penyebab kopling mobil bunyi yang perlu diperhatikan. Jangan sampai masalah ini dibiarkan begitu saja, karena bisa memperparah kondisi kopling mobil. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala pada kopling mobil, sehingga masalah bisa terdeteksi sejak dini dan bisa diatasi dengan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengguna mobil.

Also Read

Bagikan: