Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik Saat Kopling Magnetic Bekerja

Bang Montir

Kompresor AC mobil adalah salah satu komponen penting pada sistem pendinginan mobil yang bertugas untuk memampatkan refrigeran agar dapat mengalir ke seluruh sistem AC mobil. Namun, terkadang kompresor AC mobil dapat mengeluarkan suara berisik saat kopling magnetic bekerja. Penyebab dari suara berisik ini dapat bermacam-macam dan perlu diteliti dengan baik agar dapat diatasi dengan benar.

Apa itu Kopling Magnetic pada Kompresor AC Mobil?

Sebelum membahas penyebab dari suara berisik yang terjadi pada kompresor AC mobil, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu kopling magnetic pada kompresor AC mobil. Kopling magnetic adalah salah satu komponen yang terdapat pada kompresor AC mobil yang berguna untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke kompresor AC mobil. Saat putaran mesin menyala, kopling magnetic akan menarik clutch plate untuk menyambungkan putaran mesin ke kompresor AC mobil.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik Saat Kopling Magnetic Bekerja

Terdapat berbagai penyebab yang dapat menyebabkan kompresor AC mobil mengeluarkan suara berisik saat kopling magnetic bekerja. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling umum terjadi:

1. Kopling Magnetic Aus

Penyebab paling umum dari suara berisik pada kompresor AC mobil saat kopling magnetic bekerja adalah karena ausnya kopling magnetic. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara clutch plate dan pulley yang terus menerus selama beroperasi. Jika kopling magnetic sudah aus, maka diperlukan penggantian clutch plate untuk mengatasi suara berisik yang terjadi.

BACA JUGA:   Oper Kopling Mobil Tidak Pas Lagi: Penyebab, Gejala, dan Solusinya

2. Perangkat Belt Tidak Tegang

Perangkat belt pada kompresor AC mobil berguna untuk menggerakkan pulley pada kopling magnetic. Jika belt tidak cukup tegang, maka akan terjadi slippage sehingga mengakibatkan suara berisik yang cukup mengganggu. Untuk mengatasi masalah ini, perangkat belt perlu dibersihkan dan diganti jika diperlukan.

3. Kondisi Pulley Tidak Baik

Kondisi pulley yang sudah aus atau rusak juga bisa menjadi penyebab dari suara berisik pada kompresor AC mobil. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kondisi gesekan yang terus menerus pada saat kopling magnetic bekerja. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan penggantian pulley untuk menghapus suara berisik yang terjadi.

4. Kondisi Bearing yang Turun

Bearing yang berguna untuk menjaga agar pulley tetap berputar pada kompresor AC mobil. Jika kondisi bearing sudah turun, maka akan menyebabkan suara berisik yang cukup mengganggu saat kopling magnetic bekerja. Jika masalah terjadi pada bearing, maka perlu dilakukan penggantian bearing yang rusak.

5. Terdapat Kotoran pada Kompresor AC Mobil

Kotoran pada kompresor AC mobil juga bisa menjadi penyebab suara berisik saat kopling magnetic bekerja. Kotoran yang menempel pada perangkat belt dan pulley dapat memperburuk kondisi yang sudah buruk sehingga memperberat suara berisik yang terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, perangkat belt dan pulley perlu dibersihkan agar kotoran tidak ada yang menempel.

Kesimpulan

Suara berisik yang terjadi pada kompresor AC mobil saat kopling magnetic bekerja dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti ausnya kopling magnetic, kondisi pulley dan bearing yang buruk, atau terdapat kotoran pada kompresor AC mobil. Untuk mengatasi suara berisik, diperlukan perawatan dan perbaikan yang teratur pada kompresor AC mobil agar performa AC mobil tetap terjaga dengan baik. Dengan mengatasi masalah pada kompresor AC mobil, Anda bisa merasakan kenyamanan pada saat berkendara dengan mobil Anda.

Also Read

Bagikan: