Penyebab Crankshaft Patah

Bang Montir

Crankshaft, atau poros engkol, adalah salah satu bagian paling penting dari mesin mobil Anda. Ini adalah bagian yang memungkinkan piston bergerak naik dan turun di dalam silinder, yang pada gilirannya, memungkinkan mobil untuk bergerak maju. Sayangnya, terkadang crankshaft dapat mengalami kerusakan dan patah, yang dapat menyebabkan masalah serius dengan mesin Anda.

Tapi apa yang menyebabkan crankshaft patah? Berikut adalah beberapa penyebab yang paling umum:

Kebocoran Minyak

Salah satu penyebab utama kerusakan pada crankshaft adalah kebocoran minyak. Jika mesin mobil Anda kehilangan oli atau minyak, mesin akan menjadi kurang efisien dan dapat menyebabkan overheating. Overheating dapat membuat crankshaft menjadi kaku dan akhirnya patah. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan mengganti minyak dan oli secara teratur untuk memastikan mesin Anda bekerja dengan baik.

Overrevving

Overrevving, atau memutar mesin terlalu cepat, juga dapat menyebabkan crankshaft patah. Saat Anda terlalu sering memutar mesin pada kecepatan tinggi, tekanan pada crankshaft dapat menjadi terlalu besar, menyebabkan kelelahan pada bahan dan akhirnya mengalami patah. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kecepatan mesin di bawah batas yang direkomendasikan oleh pabrik mobil.

Komponen Rusak

Komponen lain dari mesin mobil Anda, seperti bearing, camshaft, atau timing belt, juga dapat menyebabkan kerusakan pada crankshaft. Misalnya, jika bearing mesin longgar, itu dapat memungkinkan crankshaft untuk bergerak lebih dari yang seharusnya, yang dapat menyebabkan aus atau patah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan mesin yang tepat dan memeriksa komponen secara teratur untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Overloading

Overloading, atau memuat terlalu banyak beban pada mesin, juga dapat menyebabkan crankshaft patah. Saat Anda memuat terlalu banyak barang di mobil Anda atau menarik beban berat dengan truk atau SUV Anda, tekanan pada mesin dapat menjadi terlalu besar, yang dapat menyebabkan kelelahan pada bahan dan akhirnya patah. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa Anda tidak memuat terlalu banyak barang atau menarik beban berat dengan kendaraan Anda.

BACA JUGA:   Harga Honda Revo Fit 2018

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab utama dari kerusakan crankshaft dan patah. Penting untuk selalu memeriksa dan merawat mesin mobil Anda secara teratur untuk mencegah kerusakan ini dan memastikan mobil Anda berjalan dengan lancar. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur mesin mobil Anda dan menghindari biaya perbaikan yang mahal.

Also Read

Bagikan: