Pengertian Sistem Kerja Kopling Hidrolik Mobil

Bang Montir

Dalam dunia otomotif, kopling adalah komponen penting yang terletak di antara mesin dan transmisi. Kopling berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan daya dari mesin ke transmisi, sehingga kendaraan bisa bergerak.

Terdapat dua jenis kopling pada mobil, yaitu kopling manual dan kopling otomatis. Namun, pada artikel ini kita akan membahas tentang sistem kerja kopling hidrolik pada mobil.

Apa itu Sistem Kopling Hidrolik?

Sistem kopling hidrolik merupakan sistem kopling yang menggunakan fluida untuk menggerakkan kopling. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen, di antaranya:

  • Master cylinder: merupakan komponen yang menggerakkan kopling hidrolik. Master cylinder berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi gerakan mekanik yang menggerakkan slave cylinder.
  • Slave cylinder: merupakan komponen yang terletak di sekitar kopling roda dan menggerakkan bantalan kopling. Slave cylinder berfungsi untuk menggerakan bantalan kopling agar terlepas dari plat kopling pada saat mengganti posisi gigi.

Cara Kerja Sistem Kopling Hidrolik

Proses kerja sistem kopling hidrolik dimulai dari pedal kopling yang ditekan oleh pengemudi. Tekanan pada pedal ini akan bertindak pada master cylinder, memompa fluida hidrolik ke dalam sistem kopling.

Fluida yang berasal dari master cylinder kemudian mengalir ke slave cylinder, membuat piston di dalam cylinder bergerak. Gerakan piston ini kemudian mendorong bantalan kopling agar terlepas dari plat kopling.

Setelah bantalan kopling terlepas dari plat kopling, tenaga dari mesin akan terputus dan pengemudi dapat mengganti posisi gigi.

Kelebihan Sistem Kopling Hidrolik

Sistem kopling hidrolik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sistem kopling manual, antara lain:

  • Lebih mudah dan ringan saat dioperasikan, karena tekanan hidrolik yang dibutuhkan jauh lebih kecil daripada tekanan pada sistem kopling manual.
  • Kopling hidrolik lebih mudah disesuaikan, karena bisa disesuaikan dengan sendirinya oleh sistem.
  • Lebih awet, karena tidak ada kabel yang aus atau karet yang mengeras seperti pada sistem kopling manual.
BACA JUGA:   Cara Stel Kopling Mobil Karimun Kotak

Kesimpulan

Dalam dunia otomotif, sistem kopling hidrolik merupakan inovasi yang cukup penting. Sistem ini memberikan kemudahan dan keawetan yang lebih baik dibandingkan sistem kopling manual. Namun, apapun sistemnya, perawatan dan perbaikan yang teratur tetap diperlukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.

Also Read

Bagikan: