Pajak Honda Accord: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Bang Montir

Pengenalan

Honda Accord adalah salah satu mobil sedang yang populer di Indonesia. Handy dan fungsional, mobil Honda Accord adalah kendaraan yang bagus untuk dikendarai setiap hari, baik untuk penggunaan pribadi atau bisnis. Namun, hanya karena mobil ini populer dan dikenal dapat diandalkan, tidak berarti Anda tidak perlu memperhatikan biaya yang terkait dengan kepemilikan mobil, terutama dalam hal pajak.

Pajak Honda Accord

Sebelum membahas pajak Honda Accord, mari kita lihat jenis-jenis pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar di Indonesia.

Pajak Kendaraan Bermotor

  • Pajak Jalan – Pajak jalan harus dibayar setiap tahun oleh pemilik kendaraan bermotor. Besaran pajak jalan tergantung pada jenis kendaraan dan wilayah yang diperuntukkan. Secara umum, kendaraan roda dua lebih murah dibandingkan dengan kendaraan roda empat.
  • Pajak Kendaraan Bermotor – Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang dibayar setiap tahun, dikenakan pada kendaraan roda empat dengan berbagai jenis mesin. Besaran pajak PKB tergantung pada jenis kendaraan, usia, dan jumlah penggantian spesifikasinya.
  • Pajak Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan – Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan harus dibayar setiap tahun oleh pemilik kendaraan bermotor sebagai bentuk asuransi kendaraan. Besaran pajak SWDKLLJ tergantung pada jenis kendaraan.

Pajak Honda Accord

Khusus untuk Honda Accord, biaya yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Jalan.

  • Pajak Kendaraan Bermotor Honda Accord – Besaran pajak untuk Honda Accord tergantung pada jenis mesin dan tahun pembuatan kendaraan. Sebagai contoh, untuk Honda Accord 2.4 l pembuatan tahun 2018, PKB yang harus dibayar adalah sebesar Rp 4.000.000,-
  • Pajak Jalan Honda Accord – Besaran pajak jalan untuk Honda Accord adalah Rp 1.500.000,- per tahun.
BACA JUGA:   Bahasan Lengkap Mengenai Bagian Kopling Mobil: Fungsi dan Cara Merawatnya

Pembayaran Pajak Honda Accord

Pembayaran pajak Honda Accord dapat dilakukan secara online atau langsung ke kantor pajak. Jika Anda memilih opsi pembayaran secara online, pastikan Anda memiliki akses ke internet banking dan sudah mendaftarkan kendaraan ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran saat mengendarai kendaraan Anda, karena jika tidak, Anda dekat menghadapi konsekuensi hukum.

Kesimpulan

Mempertahankan kendaraan bermotor Anda, termasuk Honda Accord, dapat menimbulkan biaya yang signifikan. Saat memperhitungkan biaya yang terkait dengan kepemilikan kendaraan, penting untuk tidak melupakan biaya terkait dengan pajak. Sebagai pemilik Honda Accord, Anda harus membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Jalan. Pastikan untuk membayar tepat waktu untuk menghindari potensi konsekuensi hukum.

Jadi, ingatlah: ketika Anda memilih kendaraan bermotor, ingatlah bahwa pajak kendaraan bermotor adalah pengeluaran terkait yang sangat penting. Dalam jangka panjang, perhitungan yang benar dapat membantu menghemat banyak uang dan mempertahankan kendaraan Anda dalam kondisi baik.

Also Read

Bagikan: