Mobil Mogok Karena Aki: Penyebab dan Solusi

Bang Montir

Mobil mogok akibat aki yang rusak bisa menjadi masalah besar bagi pemilik mobil. Bagaimana tidak, aki yang rusak dapat menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan kembali dan mengganggu aktivitas harian. Oleh karena itu, pemilik mobil harus mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab

Aki merupakan komponen yang penting dalam mobil karena berfungsi sebagai sumber tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan peralatan elektronik di dalam mobil. Jika terjadi kerusakan pada aki, maka mobil tidak akan hidup atau tidak bisa dihidupkan kembali setelah dimatikan.

Berikut adalah beberapa penyebab mobil mogok akibat aki yang rusak:

Aki yang Tidak Terisi Penuh

Jika aki mobil tidak terisi penuh, maka mobil akan sulit dihidupkan dan dapat mogok saat mesin dihidupkan. Hal ini terjadi karena aki yang tidak terisi penuh tidak mampu memberikan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil.

Aki yang Sudah Tua

Aki yang sudah tua dan habis masa pakainya dapat menjadi penyebab mobil mogok karena aki yang rusak. Aki yang sudah berusia lebih dari dua tahun umumnya sudah tidak mampu memberikan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil.

Aki yang Korslet

Aki yang korslet dapat menyebabkan mobil mogok akibat aki yang rusak. Hal ini terjadi karena korsleting dapat merusak sel-sel aki yang dapat mengganggu kinerja aki dan membuatnya rusak.

Alternator yang Rusak

Alternator adalah komponen yang berfungsi mengisi ulang daya aki saat mobil berjalan. Jika alternator rusak, maka aki tidak akan terisi penuh dan mobil dapat mogok karena aki yang rusak.

BACA JUGA:   Kelemahan Revo Matic

Solusi

Untuk mengatasi mobil mogok akibat aki yang rusak, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, antara lain:

Mengganti Aki

Mengganti aki yang rusak dengan aki yang baru adalah solusi yang paling umum dilakukan. Pastikan memilih aki yang sesuai dengan jenis mobil dan merek mobil yang digunakan agar tidak terjadi masalah saat penggunaan.

Mengisi Ulang Aki

Jika mobil mogok akibat aki yang tidak terisi penuh, maka mengisi ulang aki dapat menjadi solusi. Pastikan aki terisi penuh dengan air aki dan diisi ulang dengan daya yang cukup agar mobil dapat dihidupkan kembali.

Memperbaiki Alternator

Jika penyebab masalah adalah alternator yang rusak, maka perbaikan atau penggantian alternator dapat menjadi solusi. Memperbaiki alternator yang rusak dapat menghemat biaya dibandingkan dengan mengganti aki yang baru.

Memeriksa Korsleting

Jika penyebabnya adalah korsleting, maka memeriksanya dan memperbaikinya dapat menjadi solusi. Pastikan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk memeriksa dan memperbaiki korsleting.

Kesimpulan

Mobil mogok akibat aki yang rusak dapat menjadi masalah besar bagi pemilik mobil. Namun, dengan mengetahui penyebab dan solusinya, pemilik mobil dapat mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan mobil secara rutin agar mobil tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari masalah seperti ini.

Also Read

Bagikan: