Mobil Mogok di Tol: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bang Montir

Saat berkendara, hal yang paling tidak diinginkan adalah mobil mogok. Apalagi, jika saat itu sedang berada di jalan tol yang padat. Mobil mogok di tol dapat mengakibatkan kepanikan bagi pengemudi maupun penumpang mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mobil mogok di tol serta cara mengatasinya.

Penyebab Mobil Mogok di Tol

  1. Overheat Mesin
    Penyebab umum mobil mogok di tol adalah mesin yang overheat. Keadaan ini dapat terjadi karena adanya kebocoran sistem pendingin yang mengakibatkan terjadinya overheating pada radiator. Hal ini dapat memicu kerusakan mesin, serta mengakibatkan mobil mogok di tengah jalan tol.

  2. Kerusakan pada Baterai
    Baterai adalah bagian penting pada mobil. Jika baterai rusak atau sudah habis umur, maka mobil tidak dapat dinyalakan. Hal ini dapat mengakibatkan mobil mogok di tol.

  3. Masalah pada Fuel Pump
    Fuel pump berkaitan dengan aliran bahan bakar yang mengalir ke injectors pada mesin. Masalah pada fuel pump dapat mengakibatkan terhentinya aliran bahan bakar, sehingga mobil tidak dapat berjalan.

  4. Kerusakan pada Starter
    Starter pada mobil berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan mesin. Apabila starter rusak, maka mobil tidak dapat dihidupkan.

Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tol

  1. Periksa Radiator
    Jika mobil mogok di tol karena mesin overheating, langkah yang harus dilakukan adalah mematikan mesin dan membuka kap mesin. Kemudian, periksa apakah sistem pendingin bekerja dengan baik. Pastikan tidak ada kebocoran pada system pendingin. Jika terdapat masalah, segera perbaiki dan isi coolant sesuai dengan kapasitas yang direkomendasikan.

  2. Ganti Baterai
    Jika mobil mogok di tol karena baterai, segera ganti baterai yang rusak dengan baterai baru. Pastikan membeli baterai dengan kapasitas yang sesuai dengan mobil Anda.

  3. Cek Fuel Pump
    Untuk memeriksa fuel pump, periksa tekanan bahan bakar di injector. Jika tekanan bahan bakar tidak sesuai dengan standar yang direkomendasikan, maka fuel pump bisa menjadi salah satu penyebab mobil mogok di tol.

  4. Periksa Starter
    Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi mobil mogok di tol adalah memeriksa starter. Pastikan terdapat hubungan listrik yang baik antara starter dengan baterai. Jika starter rusak, segera ganti dengan starter baru.

BACA JUGA:   Cara Memilih Mobil Pick Up Bekas

Kesimpulan

Mobil mogok di tol menyebabkan kepanikan dan ketidaknyamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mobil mogok di tol serta cara mengatasinya. Overheat mesin, kerusakan pada baterai, masalah pada fuel pump, dan kerusakan pada starter menjadi beberapa penyebab mobil mogok di tol yang sering terjadi. Dengan mengetahui cara mengatasi masalah ini, mobil mogok di tol tidak akan menjadi momok yang menakutkan lagi.

Also Read

Bagikan: