Mobil Matik Tanjakan: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Hangus

Bang Montir

Mobil matik tanjakan atau mobil otomatis yang digunakan untuk menaklukkan tanjakan saat berkendara memang sangat memudahkan pengendara. Namun, jika mobil matik tanjakan kopling hangus, tentunya akan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada mobil.

Kopling sendiri merupakan salah satu komponen kunci pada mobil matik yang bertugas untuk memindahkan tenaga dari mesin ke transmisi. Dalam penggunaannya yang sering mengalami gesekan, kopling pada mobil matik umumnya lebih cepat mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan mobil manual.

Kopling yang hangus biasanya terjadi pada mobil matik tanjakan yang sering digunakan untuk berkendara di jalan yang menanjak atau sering dimatikan mesinnya saat sedang berkendara. Kopling yang hangus akan membuat mobil matik menjadi susah digunakan.

Untuk mengatasi kopling hangus pada mobil matik, Anda bisa melakukan beberapa solusi berikut:

1. Jangan Terlalu Sering Mematikan Mesin

Mematikan mesin saat sedang berkendara dan kemudian menyalakannya kembali membuat kopling menjadi terus menerus terkikis. Jangan menghidupkan mesin mobil matik tanjakan jika tidak diperlukan, sehingga kopling bisa beregenerasi setelah sebelumnya terkikis.

2. Gunakan Rem Tangan

Gunakan rem tangan pada mobil matik tanjakan saat parkir atau berhenti di jalan landai maupun menanjak. Dengan menggunakan rem tangan, mesin dan kopling tidak terlalu bekerja keras sehingga bisa mengurangi resiko kopling hangus.

3. Jangan Menyentuh Gas saat dalam Keadaan Diam

Jangan memasukkan gas saat dalam keadaan diam, karena hal ini dapat memperparah kondisi kopling yang sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Gunakan pedal rem untuk mengontrol laju mobil matik tanjakan maupun untuk menghentikannya.

BACA JUGA:   Agar Kopling Mobil Awet: Tips dan Trik dari Ahli Otomotif

4. Bawa ke Bengkel untuk Perbaikan

Jika Anda sudah mencoba melakukan solusi di atas dan kopling tetap hangus, segeralah bawa mobil matik tanjakan ke bengkel terdekat. Lihat-lihat referensi bengkel terpercaya yang sudah memiliki spesialisasi dalam merawat mobil matik agar dapat memperbaiki kopling yang hangus dengan benar.

Kopling hangus pada mobil matik tanjakan bukanlah masalah yang sepele. Jika tidak segera diatasi, maka dapat berdampak pada keausan komponen lainnya pada mobil matik. Oleh karena itu, Anda perlu lebih teliti dalam merawat dan menggunakannya.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara teratur agar mobil matik tanjakan tetap andal meskipun sering digunakan untuk melewati tanjakan. Dengan demikian, mobil matik tanjakan dapat digunakan dengan tahan lama dan tidak cepat rusak.

Also Read

Bagikan: