Mobil Matic Mogok Bisa Didorong, Kenali Penyebabnya

Bang Montir

Semua orang pasti pernah mengalami mobil mati tidak bisa hidup lagi. Hal ini sangat menyebalkan terutama ketika sedang dalam perjalanan. Namun, jika mobil mati yang dimaksud adalah mobil matic mogok bisa didorong maka masih ada solusi untuk mengatasi masalah ini.

Namun sebelum mengetahui bagaimana mengatasi mobil matic mogok bisa didorong, terlebih dahulu kita harus mengenal penyebab mobil mogok tersebut. Berikut ini beberapa penyebab mobil matic mogok, antara lain :

1. Masalah pada Komponen Sistem Bahan Bakar

Salah satu penyebab mobil matic mogok bisa didorong adalah masalah pada komponen sistem bahan bakar. Bahan bakar yang kotor atau tercampur air bisa membuat mesin mobil tersendat dan akhirnya mati. Selain itu, masalah pada filter bahan bakar juga bisa menyebabkan masalah pada komponen ini.

2. Kerusakan pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang tidak berfungsi dengan baik juga bisa menyebabkan mobil mati tidak bisa hidup lagi. Hal ini bisa terjadi ketika komponen yang menjadi bagian dari sistem pengapian seperti busi, kabel busi, atau coil rusak atau kotor. Akibatnya, proses pembakaran bahan bakar tidak dapat berjalan dengan lancar, sehingga mobil tidak bisa hidup.

3. Baterai Lemah atau Kebocoran

Baterai merupakan salah satu bagian penting dalam mobil. Ketika baterai lemah atau bahkan terjadi kebocoran, maka tenaga listrik yang dibutuhkan untuk memulai mesin tidak tersedia. Sehingga, mobil tidak bisa hidup.

4. Masalah pada Sistem Starter

Sistem starter juga menjadi komponen penting dalam mobil karena berfungsi untuk memulai mesin. Jika sistem starter bermasalah, maka proses memulai mesin tidak akan berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:   BMW Crumple Zone: Teknologi Pelindung Penumpang yang Inovatif

Sekarang kita sudah mengetahui beberapa penyebab mobil matic mogok bisa didorong. Namun, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Jika mobil mogok dan tidak bisa hidup lagi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi sistem bahan bakar, sistem pengapian, dan sistem starter. Jika ditemukan masalah pada komponen-komponen tersebut, maka segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

Namun jika mobil mogok karena baterai yang lemah atau habis, maka solusinya adalah mengisi daya baterai menggunakan charger baterai atau menggunakan aki dari mobil lain sebagai sumber daya listrik.

Jika semua komponen dalam mobil berfungsi dengan baik namun mobil masih mati, maka kemungkinan besar masalah ada pada ECU atau sensor pada mesin mobil. Kedua komponen tersebut bisa diservis atau bahkan diganti jika diperlukan.

Dalam mengatasi mobil matic mogok bisa didorong, diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam bidang otomotif. Jadi jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, sebaiknya serahkan pada bengkel profesional untuk menanganinya.

Dalam kesimpulan, kendaraan mogok sangat menyebalkan dan bisa mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, memahami penyebab mobil matic mogok dan cara mengatasinya adalah penting untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Also Read

Bagikan: