Mobil Lepas Kopling Ada Jedug: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bang Montir

Jika Anda sering merasakan gejala mobil lepas kopling ada jedug saat mengendarai mobil, maka bisa jadi ada masalah pada sistem kopling mobil. Masalah pada sistem kopling mobil dapat berdampak pada performa mobil dan juga membahayakan keselamatan pengendara.

Apa Sebenarnya yang Dimaksud dengan Mobil Lepas Kopling Ada Jedug?

Mobil lepas kopling ada jedug adalah kondisi saat mobil mengeluarkan suara berdentum atau bergetar saat kopling dilepaskan. Hal ini terjadi karena roda mesin dan transmisi tidak dapat berputar dengan sinkron, sehingga terjadi gesekan atau benturan.

Penyebab Mobil Lepas Kopling Ada Jedug

Ada beberapa penyebab mengapa mobil lepas kopling ada jedug, di antaranya:

1. Cakram Kopling Tergantung

Cakram kopling tergantung atau terendam dalam minyak dapat menyebabkan masalah pada salah satu elemen sistem kopling, sehingga mengganggu kinerjanya.

2. Piringan Kopling Aus

Piringan kopling yang aus dapat menyebabkan gesekan saat dibebankan, sehingga cipratan oli dapat merusak permukaan, dan menyebabkan bunyi atau jeritan saat mengeluarkan pedal kopling.

3. Klem Kopling

Klem kopling yang longgar atau rusak, menjadi penyebab dari mobil lepas kopling ada jedug. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian kabel kopling atau pada piston klem kopling itu sendiri.

4. Bushing Tidak Teratur

Penyebab lain dari mobil lepas kopling ada jedug adalah bushing, yaitu bantalan yang berfungsi menghubungkan pedal kopling ke kerangka kendaraan. Bushing yang tidak teratur atau rusak dapat menyebabkan putaran tidak teratur dan membuat mobil membentur atau bergetar saat pedal kopling dilepas.

BACA JUGA:   Shock Gantungan Kopling Mobil Fuso: Kunci Keseimbangan yang Penting dalam Kendaraan Anda

Cara Mengatasi Mobil Lepas Kopling Ada Jedug

Cara mengatasi mobil lepas kopling ada jedug bergantung pada penyebab yang menyebabkan masalah tersebut. Jika cakram kopling tergantung, Anda harus menggantinya. Sedangkan jika masalah terletak pada piringan kopling yang aus, ganti piringan secara keseluruhan.

Jika masalah terletak pada klem kopling, cek keberadaan kelainan pada kabel kopling atau periksa piston klem. Sementara jika masalah terletak pada bushing, cek dan pastikan jangan sampai bushing tidak teratur.

Kesimpulan

Mobil lepas kopling ada jedug adalah kondisi yang tidak normal seharusnya tidak terjadi pada mobil Anda. Anda harus melakukan perawatan secara teratur dan memeriksa sistem kopling mobil secara berkala untuk memastikan mobil tetap dalam performa yang baik. Jika Anda mencurigai masalah sistem kopling pada mobil, sebaiknya segera periksa ke bengkel terdekat.

Also Read

Bagikan: