Mobil Injeksi Mogok Karena Keabisan Bensin

Bang Montir

Jangan biarkan mobil kesayangan Anda mogok karena kehabisan bensin. Kendaraan modern dengan sistem injeksi memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar, tetapi terkadang kita juga lupa atau malas untuk mengecek kadar bensin di tangki secara teratur. Ketika mobil injeksi mogok karena kehabisan bensin, apa yang harus Anda lakukan?

Tahap Pertama: Berhenti di Tempat yang Aman

Jika Anda sedang mengemudi dan tiba-tiba menyadari bahwa mobil Anda kehabisan bensin, segeralah berhenti di tempat yang aman. Jangan terlalu khawatir, karena mobil injeksi biasanya dilengkapi dengan sensor bahan bakar yang dapat memberi tanda saat bensin hampir habis. Namun, jika Anda lupa untuk mengecek indikator tersebut atau sensor bahan bakar tidak bekerja dengan sempurna, maka mobil Anda bisa mogok secara tiba-tiba.

Tahap Kedua: Periksa Ketersediaan Bahan Bakar

Setelah berhenti di tempat yang aman, periksa ketersediaan bahan bakar untuk menghindari pengisian bahan bakar yang tidak tepat. Pastikan bahwa Anda membawa bahan bakar yang cukup, jika tidak, Anda harus mencari pompa bensin terdekat.

Tahap Ketiga: Pengisian Bensin dengan Benar

Saat mengisi bahan bakar ke mobil injeksi, pastikan bahwa bahan bakar cukup bersih dan tidak terkontaminasi dengan kotoran atau air. Kotoran atau air yang masuk ke sistem injeksi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Tahap Keempat: Mulai Mesin dengan Benar

Setelah pengisian bahan bakar yang cukup, pastikan bahwa Anda menyalakan mesin dengan benar. Jangan terlalu lama menekan pedal gas saat menyalakan mesin, karena hal ini dapat menyebabkan kelebihan bahan bakar yang masuk ke sistem injeksi. Beginilah cara yang benar: injakan pedal gas sebanyak setengah dan tahan selama tiga detik, lalu lepaskan pedal secara perlahan. Setelah itu, mesin harus dapat dihidupkan dengan mudah.

BACA JUGA:   Cicilan Yamaha MT-25: Cara Mudah Membeli Motor Impian

Kesimpulan

Ketika mobil injeksi Anda mogok karena kehabisan bensin, jangan panik. Ikuti langkah-langkah di atas untuk memastikan pengisian bahan bakar yang tepat dan menghindari kerusakan pada mesin. Jaga kebersihan bahan bakar dan pastikan Anda mengisinya secara teratur untuk menghindari mogok karena kehabisan bensin. Ingat bahwa sebagian besar masalah mobil dapat dihindari dengan melakukan perawatan yang tepat.

Also Read

Bagikan: