Menggunakan Center Clutch pada Kopling Mobil

Bang Montir

Apa itu Center Clutch?

Sistem penggerak kendaraan pada sepeda motor dan mobil menggunakan kopling untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda. Ada berbagai macam jenis kopling yang digunakan di kendaraan, salah satunya adalah center clutch yang menjadi pilihan bagi banyak orang.

Center clutch pada dasarnya mirip dengan kopling konvensional, namun memiliki beberapa perbedaan penting. Pada kopling konvensional, piringan kopling diletakkan di antara roda penerus tenaga dan mesin. Sedangkan pada center clutch, piringan kopling diletakkan di antara dua piringan gigi yang saling bersebrangan di tengah-tengah mesin.

Keuntungan Menggunakan Center Clutch

Menggunakan center clutch pada kopling mobil memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan kopling konvensional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Lebih Awet

Pada center clutch, piringan kopling diletakkan di posisi yang lebih aman sehingga tidak cepat aus. Selain itu, saat gearshift terjadi, beban pada piringan kopling juga lebih merata. Hal ini membuat center clutch lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan kopling konvensional.

2. Lebih Mudah Digunakan

Penggunaan center clutch pada kopling mobil juga lebih mudah dibandingkan dengan kopling konvensional. Saat melakukan gearshift, pengemudi hanya perlu menekan pedal kopling sejauh mungkin, tanpa perlu menggenggam tuas secara penuh seperti pada kopling konvensional.

3. Lebih Efisien

Ketika menggunakan center clutch, transfer tenaga dari mesin ke roda lebih efisien. Hal ini karena piringan kopling yang lebih besar dan pelat pendorong yang lebih kuat. Dalam jangka panjang, penggunaan center clutch juga dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar karena transfer tenaga yang lebih efisien.

BACA JUGA:   Cara Mengecek Kanvas Kopling Mobil dengan Mudah dan Tepat

Bagaimana Menggunakan Center Clutch

Setelah mengetahui keuntungan dari center clutch, maka penting juga untuk mengetahui cara menggunakannya. Berikut adalah beberapa tips penggunaan center clutch pada kopling mobil:

  1. Pastikan pedal kopling diinjak hingga ke dasar saat mengganti gigi.

  2. Hindari penekanan pedal kopling secara terburu-buru, hal ini dapat merusak system center clutch.

  3. Jangan menahan pedal kopling terlalu lama saat berhenti, agar tidak overheat dan merusak system center clutch.

  4. Biasakan untuk menekan pedal kopling sampai batas paling dasar agar tidak merusak piringan kopling.

Kesimpulan

Center clutch adalah pilihan yang bagus untuk pengguna kendaraan yang ingin memiliki sistem kopling yang lebih tahan lama, mudah digunakan, dan lebih efisien. Namun, saat menggunakan center clutch, penting untuk diingat untuk selalu menjaga system agar tetap awet dan tahan lama.

Jadi, tidak perlu ragu dan coba berikan pengalaman baru dengan menggunakan center clutch pada kopling mobil mu. Dan jangan lupa untuk mengikuti tips dan trik atas agar system center clutch kamu tetap awet dan tahan lama.

Also Read

Bagikan: