Mengenal Model Garasi Samping

Bang Montir

Model garasi samping menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para pemilik rumah yang ingin memanfaatkan lahan sempit di samping rumah mereka sebagai tempat parkir mobil. Meskipun memiliki luas yang terbatas, model garasi samping tidak kalah fungsional dengan model garasi lainnya, bahkan bisa jadi lebih praktis dan efektif. Berikut ini akan dibahas secara detail tentang model garasi samping dan kelebihannya.

Apa Itu Model Garasi Samping?

Model garasi samping adalah model garasi yang dibangun di lahan sempit di samping rumah yang tidak selalu bisa dimanfaatkan secara optimal. Garasi ini dibuat dengan menyesuaikan luas lahan yang ada serta bentuk rumah yang ada di sekitarnya. Model garasi samping seringkali dibuat dengan desain minimalis, praktis dan efektif agar dapat memaksimalkan penggunaan lahan yang tersedia.

Kelebihan Model Garasi Samping

1. Hemat Lahan

Model garasi samping sangat cocok diterapkan pada lahan yang sempit namun memiliki sisi kosong di sampingnya. Garasi yang dibangun pada sisi kosong ini dapat memanfaatkan lahan yang tadinya tidak bisa dimanfaatkan dengan efisien. Hal ini membuat penggunaan lahan menjadi lebih optimal dan hemat.

2. Lebih Praktis

Dibandingkan dengan model garasi pada umumnya, model garasi samping lebih praktis karena letaknya yang berada di samping rumah. Pemilik rumah tidak perlu memutar mobil saat memasuki atau keluar dari garasi, sehingga penggunaan waktu dan tempat lebih efisien.

3. Lebih Efektif

Model garasi samping juga lebih efektif karena luas garasi yang dibangun disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia dan tidak membutuhkan ruang tambahan. Karena garasi samping seringkali dibangun dengan desain minimalis dan efektif, maka biasanya biaya pembangunan garasi samping relatif lebih murah dibandingkan dengan garasi model lainnya.

BACA JUGA:   Cara Ganti Kampas Kopling Mobil Xenia dengan Mudah dan Efektif

Cara Membuat Model Garasi Samping

Untuk membuat garasi samping, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, tentukan luas lahan yang tersedia dan serahkan pada tenaga ahli untuk membuat desain garasi yang sesuai dengan luas lahan dan bentuk rumah. Kedua, tentukan jenis atap dan material yang digunakan untuk garasi. Ketiga, tentukan persyaratan perijinan yang diperlukan seperti izin mendirikan bangunan (IMB), surat persetujuan tetangga, dan sebagainya.

Kesimpulan

Model garasi samping menjadi pilihan terbaik bagi pemilik rumah yang ingin memanfaatkan lahan sempit yang ada di samping rumah mereka. Garasi ini memiliki kelebihan dalam hal hemat lahan, lebih praktis dan efektif. Namun, sebelum membuat garasi samping, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti desain, jenis atap, material, dan persyaratan perijinan. Dengan menerapkan model garasi samping yang tepat, Anda dapat memanfaatkan lahan sempit dengan optimal dan mempercepat penggunaan mobil.

Also Read

Bagikan: