Mengenal Ciri-ciri Kampas Kopling yang Sudah Habis

Bang Montir

Apa Ciri-Ciri Kampas Kopling Habis?

Kampas kopling merupakan bagian yang penting dari mesin kendaraan, dan memainkan peran penting dalam mengontrol transmisi. Ketika kampas kopling sudah habis, tenaga yang disalurkan dari mesin tidak akan tersalur secara maksimal, akselerasi mesin akan melemah. Berikut adalah ciri-ciri kampas kopling habis:

1. Selip Kopling

Ketika kampas kopling sudah habis, saluran transmisi akan terasa lebih longgar. Jika Anda merasakan selip atau gerakan yang tidak terkendali ketika mengganti gigi, mungkin kampas kopling sudah habis.

2. Mesin Cepat Panas

Kampas kopling berfungsi untuk mengurangi torsi yang diteruskan dari mesin kendaraan ke transmisi. Ketika kampas kopling sudah habis, mesin akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan torsi yang diperlukan. Hal ini akan menyebabkan mesin cepat panas.

3. Mesin Kasar Ketika Kecepatan Tinggi

Ketika kampas kopling sudah habis, Anda akan merasakan mesin bergetar ketika pada kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan oleh torsi yang lebih besar diteruskan ke transmisi.

4. Perpindahan Gigi Sulit

Ketika kampas kopling sudah habis, akan menjadi lebih sulit untuk mengganti gigi. Perpindahan gigi akan terasa kasar dan kadang-kadang bahkan terkunci.

5. Bacaan Kopling Turun

Ketika kampas kopling sudah habis, bacaan kopling akan turun. Ini bisa diketahui dengan menggunakan alat pengukur tekanan kopling.

6. Tarikan Awal Tidak Responsif

Kampas kopling yang habis juga akan menyebabkan tarikan awal mesin tidak responsif. Jika Anda mencoba menarik kendaraan, mesin akan bergetar dan tidak memberikan tarikan yang baik.

BACA JUGA:   Memahami Perbedaan Kopling Hidrolik dan Mekanik

7. Suara Klik Ketika Pedal Kopling

Ketika kampas kopling sudah habis, suara klik akan terdengar ketika Anda menginjak pedal kopling. Suara klik ini disebabkan oleh adanya gesekan yang berlebihan antara permukaan kopling dan poros.

Kesimpulan

Ketika kampas kopling sudah habis, mesin kendaraan akan mengalami akselerasi yang lemah, mesin akan cepat panas, perpindahan gigi akan sulit, tarikan awal tidak responsif, dan suara klik akan terdengar ketika pedal kopling. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti kampas kopling dengan yang baru.

Also Read

Bagikan:

Tags