Mengatasi Penyebab Setir Mobil Bergetar saat Kecepatan 100 km/jam

Bang Montir

Memiliki mobil yang sering mengalami getaran di setir saat melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi tentu sangat tidak nyaman. Selain mengurangi kenyamanan dalam berkendara, getaran pada setir mobil juga dapat menimbulkan bahaya yang mengancam keselamatan pengemudi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab setir mobil bergetar saat kecepatan mencapai 100 km/jam dan cara mengatasinya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Setir mobil bergetar bisa menjadi pertanda adanya masalah pada beberapa komponen pada mobil. Berikut adalah beberapa penyebab setir mobil bergetar saat mencapai kecepatan 100 km/jam:

  1. Ban Perlu Dibalancing

Salah satu penyebab utama setir mobil bergetar saat kecepatan 100 km/jam adalah ban yang tidak seimbang atau perlu untuk dibalancing. Hal ini terjadi karena perubahan keseimbangan pada ban mobil akibat keausan atau kerusakan. Kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan balancing pada ban mobil pada bengkel.

  1. Roda Rusak atau Bengkok

Penyebab lain setir mobil bergetar saat kecepatan 100 km/jam bisa terjadi akibat kerusakan pada roda mobil atau bengkok. Hal ini terjadi karena mobil sering melewati jalan rusak atau kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada roda. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki atau mengganti roda mobil yang rusak atau bengkok.

  1. Rem yang Aus atau Anomali Rem

Selain itu, rem yang aus atau mengalami anomali juga dapat menyebabkan setir mobil bergetar saat kecepatan 100 km/jam. Hal ini terjadi akibat gesekan yang tidak merata pada permukaan cakram rem ketika mobil melakukan pengereman. Solusinya yaitu dengan mengganti komponen yang rusak atau melakukan penggantian cakram rem.

  1. Suspensi Bermasalah
BACA JUGA:   Tips Mengendarai Mobil bagi Pemula

Masalah pada suspensi juga bisa menjadi penyebab getaran pada setir mobil saat berkendara di kecepatan tinggi. Hal ini bisa terjadi akibat per kejadian yang menyebabkan kerusakan pada suspensi mobil. Solusinya yaitu dengan memperbaiki atau mengganti suspensi mobil yang bermasalah.

Cara Mengatasi Setir Mobil Bergetar

Jika setir mobil bergetar saat kecepatan mencapai 100 km/jam, maka segera atasi dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Lakukan balancing pada ban mobil.

  2. Periksa keadaan roda mobil dan bengkok apakah ada kerusakan atau tidak.

  3. Periksa kondisi rem mobil, apakah sudah aus atau mengalami anomali.

  4. Pastikan suspensi mobil dalam keadaan baik.

  5. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, maka segera bawa mobil ke bengkel dan minta bantuan dari mekanik untuk memeriksa dan mengatasi masalah pada mobil.

Kesimpulan

Setir mobil yang bergetar saat kecepatan 100 km/jam dapat dikarenakan beberapa faktor seperti ban tidak seimbang, roda rusak atau bengkok, rem aus atau mengalami anomali dan suspensi mobil bermasalah. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan balancing pada ban, memperbaiki atau mengganti roda mobil yang rusak atau bengkok, mengganti komponen rem yang rusak, memperbaiki atau mengganti suspensi mobil yang bermasalah. Jangan ragu untuk membawa mobil ke bengkel jika langkah-langkah yang telah diambil sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah pada mobil Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi.

Also Read

Bagikan: