Mengatasi Mobil Mogok Akibat Aki Soak

Bang Montir

Mobil mogok akibat aki soak? Tentu saja, ini adalah suatu masalah yang tidak dapat dihindari oleh setiap pemilik mobil. Namun, sebenarnya apa itu aki soak dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu Aki Soak?

Sebelum membahas cara mengatasi mobil mogok akibat aki soak, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu aki soak. Aki soak adalah kondisi di mana aki menjadi basah atau terendam air. Hal ini dapat terjadi ketika mobil terendam banjir atau jika aki bocor.

Ketika aki terendam air, maka daya tahan aki menjadi berkurang. Bahkan, jika mobil tetap dipakai, maka daya tahan aki semakin menurun hingga pada akhirnya aki menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Cara Mengatasi Mobil Mogok Akibat Aki Soak

Jika mobil mogok akibat aki soak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi aki. Jika aki terlihat basah, maka aki harus dikeluarkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu, periksa kondisi aki dengan menggunakan volt meter. Jika volt meter menunjukkan angka di bawah 12 volt, maka aki harus diganti dengan yang baru.

Namun, jika aki masih dalam kondisi baik, maka pastikan bahwa kaki aki kering dan bersih sebelum dipasang kembali ke mobil. Selain itu, pastikan kabel aki terpasang dengan benar dan kencang.

Pencegahan Aki Soak

Cara terbaik untuk menghindari mobil mogok akibat aki soak adalah dengan mencegah kondisi tersebut terjadi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah aki soak antara lain:

  1. Menghindari mobil terendam banjir
  2. Memeriksa kondisi aki secara rutin
  3. Menjaga kabel aki agar tidak kendor
  4. Memasang tutup aki dengan benar
BACA JUGA:   Mobil Mogok Indikator Oli Menyala

Dengan melakukan pencegahan aki soak, maka mobil Anda akan lebih terhindar dari masalah yang bisa mengakibatkan mobil mogok.

Kesimpulan

Mobil mogok akibat aki soak memang menjadi masalah yang sering terjadi terutama pada musim hujan. Namun, dengan melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi dan mencegah aki soak, Anda dapat terhindar dari masalah tersebut. Selalu periksa kondisi mobil Anda secara rutin dan pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala untuk menjaga agar mobil Anda tetap prima dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Also Read

Bagikan: