Mengatasi Masalah Kompresor AC Mati Hidup dengan Mudah

Bang Montir

Apakah Anda mengalami masalah dengan kompresor AC yang mati hidup? Masalah ini dapat menyebabkan AC Anda tidak berfungsi dan mengakibatkan ruangan menjadi tidak nyaman. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan membahas cara mengatasi masalah ini dengan mudah.

Apa itu Kompresor AC?

Sebelum membahas cara mengatasi masalah, mari kita dahulu memahami apa itu kompresor AC. Kompresor AC adalah bagian penting dalam sistem pendingin ruangan. Fungsinya adalah untuk memampatkan dan mendinginkan refrigeran sebelum diteruskan ke evaporator dalam ruangan. Kompresor akan mengonversi pendingin (freon) dari bentuk gas menjadi cairan melalui tekanan dan menaikkan suhu udara yang melewatinya sebelum diteruskan ke kondensor.

Penyebab Kompresor AC Mati Hidup

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kompresor AC mati hidup, antara lain:

  1. Overload: Kondisi ketika beban terlalu berat atau terlalu banyak arus listrik mengalir melalui kompresor.

  2. Kondisi Terbakar: Jika suhu terlalu panas, bisa menyebabkan kondisi terbakar pada kompresor.

  3. Kabel Putus: Kondisi kabel yang putus atau konsleting dapat menyebabkan kompresor mati hidup.

  4. Kondisi Kapasitor: Kondisi kapasitor yang bocor atau rusak dapat membuat kompresor mati hidup atau tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mati Hidup

  1. Periksa Kabel Listrik dan Kapasitor

Cara pertama untuk mengatasi kompresor AC yang mati hidup adalah dengan memeriksa kabel listrik dan kapasitor. Pastikan bahwa kabel listrik dan kapasitor dalam kondisi baik dan tidak terdapat kerusakan. Jika ditemukan kerusakan pada kabel listrik atau kapasitor, segera diganti dengan yang baru.

  1. Cek Beban Listrik

Kondisi beban listrik yang terlalu berat atau terlalu banyak arus listrik dapat mengakibatkan kompresor mati hidup karena overload. Anda bisa memeriksa beban listrik menggunakan volt meter dan memastikan arus listrik tidak terlalu besar.

  1. Bersihkan Kondensor dan Evaporator
BACA JUGA:   Cara Buang Air Radiator Vixion

Kondisi kondensor dan evaporator yang kotor dapat membuat kompresor bekerja terlalu berat dan akhirnya mati hidup. Untuk mengatasinya, bersihkan kondensor dan evaporator secara rutin untuk menjaga kinerja kompresor.

  1. Ganti Kompresor

Jika semua upaya perbaikan telah dilakukan dan kompresor masih mati hidup, kemungkinan besar kompresor sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Kesimpulannya, masalah kompresor AC yang mati hidup dapat diatasi dengan melakukan beberapa tindakan. Dari memeriksa kabel listrik dan kapasitor, cek beban listrik, membersihkan kondensor dan evaporator, hingga mengganti kompresor jika diperlukan. Semua upaya tersebut dapat membantu Anda mengatasi masalah dan menjaga kinerja AC Anda agar tetap optimal. Ingat, tindakan preventif lebih baik daripada melakukan perbaikan yang mahal. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada AC untuk mencegah masalah tersebut terjadi.

Also Read

Bagikan: