Mengapa Mobil yang Mogok Jika di …

Bang Montir

Mobil yang tiba-tiba mogok saat sedang digunakan tentu akan menjadi masalah yang sangat merepotkan. Pekerjaan yang harus dilakukan terhenti, dan bahkan bisa berakibat buruk jika keadaan itu terjadi di jalan raya. Ada beberapa alasan kenapa mobil bisa terhenti saat sedang digunakan. Berikut adalah penyebab yang mungkin terjadi.

Bahan Bakar yang Habis

Mobil yang tidak dapat berjalan mungkin disebabkan karena bahan bakar yang habis atau terkuras habis. Jika mobil Anda menggunakan mesin bensin, Anda harus memastikan tangki bensin selalu terisi penuh sebelum digunakan. Sedangkan bagi mobil diesel, pastikan Anda selalu memantau level diesel di tangki.

Soal Listrik

Kadang kala, mobil yang berhenti tiba-tiba disebabkan karena kerusakan listrik. Biasanya, ini terjadi pada mobil yang sudah cukup lama usianya. Baterai yang sudah menua atau kabel yang kendor dapat menyebabkan mobil mogok saat mesin hidup. Gunakan pengaman baterai jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Masalah Mesin

Mesin mobil mungkin bermasalah dan menyebabkan mobil terhenti tiba-tiba. Kerusakan seperti busi yang kotor, filter udara yang kotor, atau kabel busi yang terputus bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, dalam melakukan perawatan rutin, pastikan juga untuk memeriksa mesin mobil secara teratur.

Transmisi

Mobil yang mogok saat sedang digunakan juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada transmisi. Kemampuan transmisi untuk memindahkan daya dari mesin ke roda bobot akan berkurang jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Bila mobil terasa terbebani saat digunakan, segera perbaiki transmisi mobil.

Bahan Bakar yang Salah

Mengisi mobil dengan bahan bakar yang salah juga dapat menjadi penyebab rumit mobil. Contohnya seperti mengisi mobil dengan bensin saat mobil telah menggunakan diesel. Ini akan merusak mesin secara signifikan dan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

BACA JUGA:   Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Pedal Kopling Mobil

Kesimpulan

Itulah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan mobil mogok saat digunakan. Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat dan teratur, Anda dapat mengurangi kemungkinan terjadinya keadaan seperti ini. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang benar, memeriksa mesin dan komponen mobil secara teratur, serta membuat jadwal perawatan mobil secara rutin. Dengan tindakan-tindakan tersebut, mobil Anda akan tetap dalam kondisi optimal dan kecelakaan yang tidak diinginkan dapat diminimalkan.

Also Read

Bagikan: