Kopling Slip: Apa Risikonya dan Bagaimana Menanganinya?

Bang Montir

Apa yang Terjadi Jika Kopling Slip?

Kampas kopling yang mengalami keausan akibat selip dapat menyebabkan putaran mesin tidak lagi dapat disalurkan ke transmisi. Kondisi ini menyebabkan transmisi tidak ikut berputar, begitu pula dengan roda mobil. Jika kondisi ini terjadi, mobil akan mogok dan tidak dapat dijalankan.

Kampas Kopling dan Fungsinya

Kampas kopling adalah bagian dari sistem transmisi mobil yang berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. Jika mesin dihidupkan, maka putaran motor akan diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling. Kampas kopling juga berperan penting dalam mengatur putaran mesin mobil.

Kampas Kopling yang Rusak

Bila kampas kopling rusak atau mengalami keausan akibat selip, maka putaran mesin tidak dapat disalurkan ke transmisi. Kondisi ini akan menyebabkan transmisi tidak ikut berputar, begitu pula dengan roda mobil. Jika hal ini terjadi, mobil akan mogok dan tidak mau dijalankan.

Kemampuan Kopling untuk Menahan Putaran Mesin

Kampas kopling yang baik dapat menahan putaran mesin yang tinggi, sehingga transmisi dapat berputar dengan lancar. Namun, jika kampas kopling tidak dapat menahan putaran mesin, maka transmisi tidak akan berputar dengan lancar. Akibatnya, roda mobil pun tidak akan berputar dengan baik.

Sebab-Sebab Kampas Kopling Rusak

Kampas kopling dapat menjadi rusak atau mengalami keausan akibat berbagai sebab. Sebab-sebab tersebut antara lain:

  • Kampas kopling yang telah lama dipakai, sehingga telah mengalami keausan.
  • Kampas kopling yang menggunakan oli yang kurang sesuai.
  • Kampas kopling yang tidak memiliki kualitas yang baik.
  • Kampas kopling yang tidak dipasang dengan benar.
BACA JUGA:   Cara Pemasangan Kopling Mobil

Cara Mengatasi Kampas Kopling yang Menyebabkan Slip

Untuk mengatasi kampas kopling yang menyebabkan slip, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara-cara tersebut antara lain:

  • Mengganti kampas kopling yang rusak dengan yang baru.
  • Mengganti oli kampas kopling dengan oli yang sesuai.
  • Mengganti kampas kopling dengan yang lebih berkualitas.
  • Memastikan kampas kopling dipasang dengan benar.

Kesimpulan

Kampas kopling yang mengalami selip dapat menyebabkan putaran mesin tidak lagi dapat disalurkan ke transmisi. Kondisi ini menyebabkan transmisi tidak ikut berputar, begitu pula dengan roda mobil. Jika kondisi ini terjadi, mobil akan mogok dan tidak dapat dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini, pemilik mobil dapat melakukan beberapa cara seperti mengganti kampas kopling yang rusak, mengganti oli kampas kopling dengan yang sesuai, mengganti kampas kopling dengan yang lebih berkualitas, dan memastikan kampas kopling dipasang dengan benar. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka kampas kopling dapat kembali berfungsi dengan baik dan mobil dapat dijalankan dengan lancar.

Also Read

Bagikan:

Tags