Kopling Rembes Mobil Terios: Penyebab & Solusinya

Bang Montir

Kopling rembes mobil terios seringkali menjadi masalah yang membuat pemilik mobil menjadi khawatir. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang penyebab dan solusi dari masalah ini, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kopling dan apa saja fungsi dari kopling di mobil terios.

Apa itu Kopling?

Kopling merupakan salah satu bagian penting dari sistem transmisi pada mobil. Fungsi utama dari kopling adalah untuk menghubungkan mesin mobil dengan transmisi, yang memungkinkan pengendara untuk mengganti gigi pada mobil. Kopling juga digunakan untuk menggerakkan mobil dari posisi diam atau awal.

Fungsi Kopling pada Mobil Terios

Kopling pada mobil terios memiliki fungsi yang sama seperti kopling pada mobil lainnya. Namun, karena mobil terios merupakan mobil ber-SUV, maka kopling pada mobil ini memiliki torsi yang lebih besar dan digunakan untuk menghantarkan tenaga mesin ke transmisi agar roda dapat bergerak.

Apa itu Kopling Rembes?

Kopling rembes adalah kondisi dimana terdapat kebocoran pada sistem hidrolik kopling yang menyebabkan kopling mengalami kebocoran oli. Kebocoran ini bisa terjadi di seal pelindung yang terdapat pada silinder kopling atau pada selang hidrolik yang menghubungkan antara master dan slave silinder.

Penyebab dari Kopling Rembes pada Mobil Terios

Kopling rembes pada mobil terios bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain:

BACA JUGA:   Pengertian Selip pada Kopling Mobil

1. Seal Pelindung Rusak

Seal pelindung pada silinder kopling mobil terios seringkali mengalami kerusakan karena panas atau tekanan hidrolik yang terlalu tinggi. Kondisi ini menyebabkan oli di dalam silinder kopling keluar dan menyebabkan kopling rembes.

2. Selang Hidrolik Bocor

Selang hidrolik yang menghubungkan antara master dan slave silinder pada kopling mobil terios bisa mengalami kebocoran karena faktor usia atau keausan. Kondisi ini juga bisa membuat kopling rembes.

Solusi untuk Masalah Kopling Rembes pada Mobil Terios

1. Ganti Seal Pelindung pada Silinder Kopling

Jika seal pelindung pada silinder kopling rusak, maka solusi yang paling tepat adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan seal pelindung yang baru memiliki kualitas yang baik agar tidak mengalami kerusakan secara cepat.

2. Ganti Selang Hidrolik yang Bocor

Selang hidrolik yang bocor pada kopling mobil terios juga bisa diganti dengan selang yang baru. Pastikan selang yang baru memiliki kualitas yang baik dan terbuat dari bahan yang tahan lama.

3. Lihat Kondisi Master Silinder dan Slave Silinder

Sebelum mengganti selang hidrolik, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi dari master dan slave silinder dalam keadaan baik dan tidak rusak. Jika ditemukan kerusakan pada salah satu silinder, maka silinder tersebut harus diganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Kopling rembes pada mobil terios bisa terjadi karena beberapa hal, seperti seal pelindung yang rusak atau selang hidrolik yang bocor. Namun, dengan melakukan beberapa solusi seperti mengganti seal pelindung atau selang hidrolik yang bocor, maka masalah ini bisa diatasi dengan baik. Pastikan juga untuk selalu memeriksa dan merawat kopling mobil terios secara teratur agar masalah seperti ini tidak terjadi di kemudian hari.

Also Read

Bagikan: