Kenali Biaya Servis Kopling dan Presneling Mobil Matic: Pentingnya Perawatan untuk Kendaraan Anda

Bang Montir

Kenali Biaya Servis Kopling dan Presneling Mobil Matic: Pentingnya Perawatan untuk Kendaraan Anda

Pengantar

Kendaraan dengan transmisi otomatis atau mobil matic saat ini semakin populer di masyarakat. Dibandingkan dengan mobil manual, mobil matic dirasa lebih mudah dikendarai, terutama dalam menghadapi kondisi lalu lintas yang padat. Namun, seperti kendaraan lainnya, mobil matic pun membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa terus beroperasi dengan baik, salah satunya adalah melaksanakan servis kopling dan presneling secara teratur.

Apa itu Servis Kopling dan Presneling?

Meskipun mobil matic tidak memiliki sistem kopling seperti mobil manual, kendaraan ini tetap memiliki komponen yang berfungsi mirip dengan kopling, yaitu torque converter. Torque converter berfungsi untuk mentransfer tenaga mesin ke roda kendaraan. Jika torque converter mengalami kerusakan, maka mobil matic Anda akan mengalami masalah seperti tidak mau bergerak atau melaju dengan kecepatan yang sangat lambat pada saat transmisi dialihkan dari parkir ke gigi D.

Sedangkan presneling atau juga disebut sebagai shift solenoid adalah salah satu komponen krusial pada mobil matic yang berfungsi untuk mengubah gigi transmisi pada saat mobil sedang melaju. Apabila shift solenoid mengalami masalah, maka transmisi mobil matic Anda akan bereaksi lambat saat digeser dari satu gigi ke gigi lainnya atau bahkan terdengar suara gesekan dan getaran yang tidak biasanya terjadi sebelumnya.

Apa Saja Kondisi Mobil Matic yang Membutuhkan Servis Kopling dan Presneling?

Servis kopling dan presneling pada dasarnya adalah perawatan wajib yang perlu dilakukan pada mobil matic, agar kendaraan tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari kerusakan yang lebih serius.

BACA JUGA:   Harga Fuso Fighter: Truk dengan Kinerja dan Kualitas Terbaik di Kelasnya

Namun, ada beberapa kondisi tertentu yang dapat menjadi tanda bahwa mobil Anda perlu diperiksa dan servis kopling serta presnelingnya, yaitu:

  • Perubahan tenaga pada mesin
  • Mesin menghasilkan suara atau getaran aneh
  • Kendaraan melaju lambat atau terasa berat saat diajak melaju
  • Tekanan gas pedal yang diberikan besar tetapi kendaraan tidak melaju secepat biasanya
  • Terjadi slippage atau torsi converter slipping
  • Jumlah kilometer pada odometer mobil telah mencapai 100 ribu kilometer

Kenapa Servis Kopling dan Presneling Sangat Penting?

Servis kopling dan presneling secara rutin merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga performa mobil matic yang prima. Dengan melakukan servis secara teratur, maka kerusakan pada torque converter dan shift solenoid bisa terdeteksi lebih cepat sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius pada mobil Anda.

Bukan hanya itu, servis kopling dan presneling juga dapat membantu menghemat biaya. Dalam artian, biaya perawatan secara teratur akan jauh lebih murah dibandingkan dengan penggantian komponen secara keseluruhan jika terjadi kerusakan yang lebih serius.

Berapa Biayanya?

Biaya servis kopling dan presneling pada mobil matic bervariasi tergantung jenis kendaraan, jenis perawatan yang diperlukan dan kendaraan berapa lama Anda gunakan. Jika Anda ingin tahu lebih detail tentang biaya perawatan kendaraan matic, kamu bisa menghubungi bengkel terpercaya. Namun, secara umum, biaya servis kopling dan presneling berkisar antara Rp. 1 juta hingga Rp. 3 juta.

Penutup

Demikian informasi singkat tentang kenali biaya servis kopling dan presneling mobil matic: pentingnya perawatan untuk kendaraan Anda. Perawatan secara teratur bisa mencegah kerusakan yang lebih serius dan dapat membantu Anda menghemat biaya. Jangan lupa, hindari menggunakan jalan yang tidak rata atau menumpuk barang berlebih di kabin mobil matic Anda, karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen gigi transmisi dan membuat biaya perbaikan menjadi lebih mahal. Terakhir, pastikan Anda mempercayakan kendaraan Anda kepada ahlinya untuk mendapatkan perawatan yang baik dan berkualitas.

Also Read

Bagikan:

Tags