Kekurangan Suzuki Thunder 125: Mengapa Motor Ini Perlu Dimodifikasi

Bang Montir

Suzuki Thunder 125 merupakan sebuah motor yang memiliki tampilan sporty dan bandel, tetapi sayangnya motor ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa kekurangan Suzuki Thunder 125 sehingga Anda bisa mempertimbangkan secara matang sebelum membeli motor ini.

Mesin Tidak Begitu Bertenaga

Salah satu kekurangan Suzuki Thunder 125 adalah mesinnya yang tidak begitu bertenaga. Mesin ini hanya memiliki tenaga sekitar 11,38 PS pada 9.500 rpm. Hal ini membuat akselerasi motor ini terasa lambat dan kurang responsif saat dikendarai di kecepatan tinggi. Jika Anda suka melakukan perjalanan jauh atau kegiatan off-road, kekurangan kekuatan motor ini dapat menjadi kendala untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Sistem Pengereman

Suzuki Thunder 125 juga memiliki kekurangan pada sistem pengereman. Sebagai motor sport, sistem pengereman menjadi faktor penting untuk keamanan pengendara. Sayangnya, motor ini hanya dilengkapi dengan rem cakram depan dan rem tromol belakang yang terkadang kurang responsif jika digunakan pada kecepatan tinggi atau dalam kondisi mendesak. Untuk mengatasi kekurangan ini, modifikasi pada sistem pengereman perlu dilakukan.

Suspensi Belakang

Suspensi belakang motor ini memiliki kelebihan pada awalnya, yakni bisa menahan beban yang berat dan memberikan kenyamanan saat berkendara dalam jarak jauh. Namun, pada penggunaan jangka panjang, suspension belakang ini bisa menjadi keras dan mudah rusak. Pada kondisi tertentu seperti melewati jalan berlubang atau tanjakan pada medan off-road, suspensi belakang bisa terasa kurang responsif dan tidak efektif.

Penampilan

Suzuki Thunder 125 memang memiliki penampilan yang sporty, tetapi desainnya yang tergolong klasik dan sederhana mungkin kurang menarik bagi sebagian orang yang ingin tampil lebih stylish dan modern. Untuk memperbaiki penampilan motor Anda, Anda bisa melakukan modifikasi dengan menambahkan aksesoris dan komponen tambahan seperti stiker, headlamp LED, knalpot racing, atau ubahan pada bagian bodi dan jok.

BACA JUGA:   Festival Galuh Mas Karawang 2019: Meriah dan Penuh Warna

Kurangnya Fitur

Meskipun dilengkapi dengan odometer, trip meter dan indikator bahan bakar, Suzuki Thunder 125 kurang lengkap dibandingkan dengan motor sport modern di kelasnya. Beberapa fitur seperti ABS (Anti-lock Braking System), speedometer digital, dan indikator suhu mesin dapat membuat Anda merasa kurang puas. Namun, Anda bisa melakukan upgrade atau modifikasi pada motor Anda untuk menambahkan fitur-fitur yang kurang ada.

Kesimpulan

Meskipun Suzuki Thunder 125 memiliki kekurangan pada berbagai aspek seperti mesin, sistem pengereman, suspensi, penampilan hingga fitur, tetapi hal ini tidak lantas membuat motor ini menjadi buruk sama sekali. Sebenarnya, kekurangan ini dapat dijadikan oportunias untuk melakukan modifikasi atau peningkatan kualitas pada motor Anda. Dalam mencari solusi, Anda bisa mencari referensi atau berkonsultasi dengan tukang modifikasi atau bengkel spesialis Suzuki. Dengan melakukan modifikasi yang tepat, Anda bisa menjadikan Suzuki Thunder 125 sebagai motor andalan yang lebih nyaman dan lebih optimal untuk kebutuhan Anda.

Also Read

Bagikan: