Kekurangan dari Kopling Pegas Coil : Apa yang Perlu Anda Tahu?

Bang Montir

Kekurangan dari Kopling Pegas Coil : Apa yang Perlu Anda Tahu?
Kekurangan dari Kopling Pegas Coil : Apa yang Perlu Anda Tahu?

Apa kekurangan dari kopling pegas coil?

Kopling pegas coil merupakan salah satu jenis kopling yang sangat populer di dunia otomotif. Kopling pegas coil merupakan kopling yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kopling dan bagian pegas. Bagian kopling berfungsi untuk menghubungkan mesin dan transmisi, sedangkan bagian pegas berfungsi untuk menggerakkan kopling. Meskipun kopling pegas coil memiliki banyak kelebihan, namun ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa diantaranya.

Penekanan kopling lebih berat (injakan di pedal kopling berat)

Hal ini disebabkan oleh adanya gaya sentrifugal yang bekerja pada kopling pegas coil. Gaya sentrifugal ini membuat pedal kopling harus ditekan lebih keras daripada kopling tipe non pegas. Hal ini membuat pengendara harus menekan pedal kopling lebih keras untuk bisa menggunakan kopling pegas coil.

Penekanan pada plat penekanan kurang merata

Karena kopling pegas coil menggunakan pegas untuk menekan plat penekanan, maka penekanan yang dihasilkan tidak merata. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya sentrifugal yang bekerja pada kopling pegas coil. Gaya sentrifugal ini membuat penekanan pada plat penekanan kurang merata.

Terpengaruh oleh gaya sentrifugal pada kecepatan tinggi

Gaya sentrifugal pada kopling pegas coil membuat kopling menjadi lebih berat. Hal ini dapat membuat pengendara kesulitan dalam menekan pedal kopling pada kecepatan tinggi. Dengan demikian, orang yang menggunakan kopling pegas coil harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya pada kecepatan tinggi.

Komponennya lebih banyak

Kopling pegas coil memiliki lebih banyak komponen daripada kopling tipe non pegas. Hal ini karena pegas yang digunakan pada kopling pegas coil. Selain itu, karena adanya gaya sentrifugal yang bekerja pada kopling pegas coil, maka komponen kopling juga harus diperkuat. Hal ini tentu membuat komponen kopling lebih banyak.

BACA JUGA:   Bengkel Ganti Kopling Mobil: Mengapa Ini Penting untuk Kesehatan Mobil Anda

Kesimpulan

Kopling pegas coil memiliki banyak kelebihan, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Keempat kekurangan tersebut adalah penekanan kopling yang lebih berat, penekanan pada plat penekanan yang kurang merata, terpengaruh oleh gaya sentrifugal pada kecepatan tinggi, dan komponennya yang lebih banyak. Walaupun demikian, kopling pegas coil masih merupakan salah satu jenis kopling yang sangat populer di dunia otomotif. Karena itu, banyak pengendara yang masih tetap menggunakan kopling pegas coil dalam mobil mereka.

Also Read

Bagikan:

Tags