Kapan Kampas Kopling Mobil Diganti?

Bang Montir

Kampas kopling merupakan salah satu komponen yang penting dalam mobil pada sistem transmisi manual. Fungsi kampas kopling adalah untuk menyambungkan kemudi dengan sistem transmisi mesin sehingga bisa dilakukan pergantian gigi. Namun jika terdapat masalah pada kampas kopling, bisa berakibat fatal pada mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus tahu kapan kampas kopling mobil Anda harus diganti.

Tanda-Tanda Kampas Kopling Mobil Harus Diganti

Tanda-tanda bahwa kampas kopling mobil harus diganti antara lain:

  1. Sulit untuk mengganti gigi
  2. Terdapat bunyi berisik pada kampas kopling
  3. Seret saat memulai mobil
  4. Bau asap yang tidak sedap ketika berakselerasi
  5. Keras saat menginjak pedal kopling

Jika Anda sudah merasakan tanda-tanda di atas, maka Anda harus langsung membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk memastikan kondisi kampas kopling mobil.

Masa Penggantian Kampas Kopling

Masa penggantian kampas kopling mobil bervariasi tergantung pada pemakaian mobil. Sebagai catatan, kampas kopling biasanya harus diganti setiap setelah mobil digunakan selama 60.000 – 100.000 kilometer atau setelah mobil digunakan selama 3-5 tahun.

Namun, jika mobil Anda sering digunakan dalam kondisi macet atau sering terjebak lalu lintas padat, kampas kopling bisa cepat aus dan waktu penggantian yang dianjurkan bisa lebih cepat. Selain itu, bahan kampas kopling yang digunakan juga mempengaruhi masa pakainya.

Pentingnya Mengecek Kampas Kopling secara Rutin

Meskipun tidak selalu merasakan tanda-tanda kampas kopling yang rusak, tetap perlu melakukan pengecekan secara rutin. Ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada mobil Anda. Selain itu, pemakaian mobil yang tidak tepat juga bisa mempercepat usia pakai kampas kopling.

BACA JUGA:   Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Kesimpulan

Kampas kopling merupakan komponen yang penting dalam mobil pada sistem transmisi manual. Tanda-tanda bahwa kampas kopling mobil harus diganti antara lain sulit untuk mengganti gigi, terdapat bunyi berisik pada kampas kopling, seret saat memulai mobil, bau asap yang tidak sedap ketika berakselerasi, dan keras saat menginjak pedal kopling. Masa penggantian kampas kopling mobil bervariasi tergantung pada pemakaian mobil. Namun, jika mobil Anda sering digunakan dalam kondisi macet atau sering terjebak lalu lintas padat, kampas kopling bisa cepat aus dan waktu penggantian yang dianjurkan bisa lebih cepat. Jadi, lakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada mobil Anda.

Also Read

Bagikan: