Fungsi Plat Kopling Pada Mobil

Bang Montir

Plat kopling merupakan salah satu komponen mesin mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara mesin dan transmisi. Fungsinya sangat vital, karena jika tidak ada plat kopling, maka mobil tidak bisa bergerak. Plat kopling juga berfungsi untuk memutus atau menghubungkan tenaga dari mesin ke roda melalui sistem transmisi.

Komponen Plat Kopling

Plat kopling terdiri dari tiga komponen yaitu flywheel, pressure plate dan disc. Flywheel merupakan sebuah roda yang terpasang pada bagian mesin mobil. Sementara pressure plate dan disc merupakan komponen yang terpasang pada roda transmisi.

Cara Kerja Plat Kopling

Saar tuas kopling di injak, maka tekanan hidrolik atau kabel akan menekan tabung pressure plate yang terhubung dengan disc. Tekanan tersebut akan membuat disc terlepas dari flywheel dan memutuskan tenaga dari mesin. Sebaliknya, jika tuas kopling dilepas, maka pressure plate akan menekan disc kembali ke flywheel, sehingga tenaga dari mesin bisa disalurkan ke sistem transmisi.

Pentingnya Perawatan Plat Kopling

Plat kopling merupakan salah satu komponen mesin yang sangat vital, oleh karena itu perawatannya sangat penting. Beberapa tips perawatan plat kopling yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Hindari penggunaan kopling secara berlebihan, karena dapat mempercepat ausnya komponen plat kopling.
  2. Periksa keausan plat kopling secara berkala. Jika telah aus, segera ganti dengan yang baru.
  3. Gunakan pelumas yang tepat pada sistem kopling.
  4. Hindari menginjak pedal kopling terlalu dalam saat menyetir.
  5. Perhatikan posisi gigi transmisi yang dipilih, jangan sampai salah dalam memilih gigi yang dapat menyebabkan terjadinya slip pada plat kopling.

Dengan melakukan perawatan rutin pada plat kopling, maka plat kopling akan dapat bertahan lebih lama dan tentunya dapat menghemat biaya perbaikan.

BACA JUGA:   Injekan Kopling dan Gas Mobil Odyssey 2003 Harga: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Plat kopling adalah salah satu komponen mesin mobil yang sangat vital. Tanpa plat kopling, mobil tidak akan bisa bergerak. Oleh karena itu, perawatan yang tepat sangat penting agar plat kopling dapat bekerja dengan baik dan tahan lama. Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka penggunaan mobil menjadi lebih lancar dan efisien.

Also Read

Bagikan: