Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Bang Montir

Kampas kopling adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang harus dijaga dengan baik. Fungsinya sebagai penghubung antara mesin dengan transmisi mobil. Dalam penggunaannya, kampas kopling akan mengalami keausan seiring waktu dan pemakaian. Pemakaian yang berlebihan atau kurang perawatan bisa menyebabkan kerusakan pada kampas kopling mobil. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas ciri-ciri kampas kopling mobil habis yang harus diketahui para pemilik mobil.

Kampas Kopling Mobil Habis

Kampas kopling mobil habis bukanlah hal yang jarang terjadi. Hal ini bisa terjadi akibat berbagai faktor seperti pemakaian yang berlebihan atau kurang perawatan. Apabila kampas kopling mobil sudah habis, maka fungsi penghubung antara mesin dengan transmisi akan terganggu dan kemampuan untuk mengganti gigi mobil akan berkurang. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kopling secara keseluruhan.

Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Untuk mengetahui apakah kampas kopling mobil sudah habis atau tidak, berikut adalah beberapa ciri-cirinya:

  1. Suara Berisik

Ciri pertama yang dapat dilihat jika kampas kopling mobil sudah habis adalah suara berisik pada saat menginjak pedal kopling. Suara ini bisa berupa gemeretak atau suara ngilu ketika pedal kopling diinjak.

  1. Arah Pergerakan Mobil Terhambat

Ciri kedua adalah arah pergerakan mobil terhambat ketika hendak dipindahkan gigi. Ketika hendak mengganti gigi, mesin tidak bisa terhubung dengan transmisi mobil dengan sempurna sehingga arah pergerakan kendaraan terhambat.

  1. Perpindahan Gigi Tidak Lancar

Ciri ketiga adalah perpindahan gigi tidak lancar. Saat hendak mengganti gigi, perpindahan gigi menjadi tidak lancar dan sulit untuk masuk gigi.

  1. Bau Asap
BACA JUGA:   Mengetahui Apa Efek Kampas Kopling pada Tenaga Motor Anda

Ciri berikutnya adalah adanya bau asap yang tercium dari dalam mobil. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara plat kampas dengan plat kopling yang sudah terlalu tipis.

  1. Kerusakan Pada Sekrup Kopling

Ciri terakhir adalah kerusakan pada sekrup kopling. Jika kampas kopling mobil sudah habis, maka tekanan yang diberikan oleh plat kopling pada sekrup akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada sekrup kopling.

Kesimpulan

Demikian ciri-ciri kampas kopling mobil habis yang harus diketahui para pemilik mobil. Apabila Anda menemukan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, segera periksakan mobil ke bengkel terpercaya. Sebuah perawatan yang baik dari kampas kopling mobil akan menghindarkan Anda dari kerusakan pada sistem kopling secara keseluruhan. Jaga mobil dengan baik agar selalu nyaman dalam berkendara.

Also Read

Bagikan: