Cara Pasang Elco pada Aki Motor

Bang Montir

Jika Anda sering menggunakan sepeda motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan aki. Aki pada sepeda motor adalah sumber daya penting yang berfungsi sebagai penggerak mesin. Akan tetapi, seringkali terdapat masalah pada aki yang memerlukan penggantian atau perbaikan. Salah satu cara untuk memperbaiki aki yang telah rusak adalah dengan mengganti elco pada aki motor.

Apa itu Elco?

Elco adalah istilah singkatan dari Elektrolit Condenser. Komponen ini berfungsi untuk menyeimbangkan dorongan listrik saat aki dihidupkan. Elco juga berfungsi untuk menjaga konsistensi aliran listrik saat sepeda motor digunakan di jalan raya yang berliku-liku.

Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara memasang elco pada aki motor, pastikan terlebih dahulu ada beberapa alat dan perlengkapan yang diperlukan. Berikut adalah daftar alat yang dibutuhkan:

  • Elco baru
  • Kunci L
  • Tang
  • Obeng
  • Amplas

Cara Mengganti Elco pada Aki Motor

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti elco pada aki motor:

  1. Pastikan sepeda motor dalam kondisi mati dan aki dilepas dari motor. Pastikan juga tangan Anda dalam keadaan kering serta jauhkan dari kabel aki.

  2. Gunakan kunci L untuk membuka baut pada tutup aki. Setelah diangkat, tutup aki dapat dilepas dari ruang baterai.

  3. Saat mengerjakan elco, pastikan mengenakan sarung tangan khusus yang tahan panas. Pegang elco dengan tang dan lepaskan pengikat kabel dari terminal aki. Pastikan jangan sampai terlewatkan single wiring saat melepas kabel dari terminal aki.

  4. Setelah elco lama dilepas, bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa past pada terminal aki. Kemudian, rapikan dan amplas kedua terminal agar salah satu sisi terminal nampak rata.

  5. Elco baru kemudian dihubungkan dengan dipasangkan pada terminal aki. Pastikan kedua sisi negative dan positive benar-benar berada pada terminal yang ditentukan. Ikatan past dikencangkan pada terminal yang baru dipasangkan secara berurutan.

  6. Setelah elco baru terpasang, cobalah untuk menyalakan mesin dan pastikan mesin berjalan lancar.

BACA JUGA:   Mengapa Speaker Aktif Mengeluarkan Suara Kecil: Penyebab dan Solusinya

Kesimpulan

Mengganti elco pada aki motor adalah solusi ketika aki mengalami kerusakan. Elco adalah komponen penting pada aki motor yang harus berfungsi maksimal agar mesin motor dapat bergerak dengan baik. Dengan alat dan perlengkapan yang tepat, mengganti elco pada aki motor tidak sulit dilakukan.

Tips terbaik dari kami adalah penting membeli elco berkualitas tinggi pada toko suku cadang sepeda motor yang terpercaya. Dalam kurun waktu 2-3 tahun, pastikan kembali elco dan aki diperiksa oleh montir handal untuk menjaga performa mesin motor pada level maksimal.

Also Read

Bagikan: