Cara Menghidupkan Mobil Carry Mogok: Solusi Jitu untuk Segera Kembali ke Jalan

Bang Montir

Mobil Carry merupakan salah satu mobil keluaran suzuki yang sudah cukup populer di Indonesia. Mobil ini terkenal dengan kehandalannya dan penampilannya yang gagah. Namun, bisa jadi, ada kalanya mobil andalan kita mogok di jalan, dan hal ini tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika kita tidak tahu cara mengatasinya, bisa-bisa mobil kita mogok berhari-hari lamanya. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas cara menghidupkan mobil Carry yang mogok.

Periksa Bagian-bagian Utama Mobil

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa bagian-bagian utama mobil. Hal ini berguna untuk mengetahui sumber masalah dan memudahkan kita dalam menyelesaiaknnya. Cek baterai apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Pastikan juga kabel busi dan distributornya tidak ada masalah. Kemudian, periksa tangki bahan bakar apakah sudah tepat penuh atau tidak.

Koreksi Kendala pada Baterai

Apabila penyebab mobil mogok disebabkan oleh kekurangan daya baterai, maka solusinya adalah dengan mengisi daya ulang baterai. Jika masih tidak bisa dihidupkan, cek segera kabel aki, pastikan tidak ada korosi atau kerusakan di kabel penghubung aki.

Kendala pada Karburator

Selanjutnya periksa apakah karburator pada mobil carry mengalami kendala. Apabila terdapat kondensasi di dalam karburator, solusinya sederhana, yakni dengan mengeluarkan bensin dari karburator menggunakan sekrup pengeluaran, kemudian membersihkan karbu menggunakan cairan pembersih karburator. Kemudian, pasang kembali karburator dan coba hidupkan mesin.

Kendala Pada Pompa Bensin

Kendala selanjutnya yang sering dihadapi, yakni kerusakan pada pompa bensin. Biasanya, pompa bensin tidak dapat mengalirkan bensin dengan lancar ke karburator. Solusinya adalah dengan membuka sumbatnya dan membersihkan pompa bensin dari kotoran yang menumpuk.

BACA JUGA:   Manual Citroen C3: Panduan Lengkap untuk Pemilik Mobil Citroen C3

Kondisi Busi

Cek kondisi busi yang dipasang pada mobil Carry. Jangan sampai kondisi busi sudah aus dan kehitam-hitaman, karena hal ini akan membuat busi tidak dapat memancarkan api ke dalam ruang bakar. Solusinya ialah dengan mengganti busi baru.

Cek Kelistrikan Serta Pengapian

Saat kelistrikan serta pengapian mogok, kemungkinan mobil menjadi susah hidup meskipun semuanya sudah diperiksa dengan baik. Cek bagian-bagian seperti koil pengapian, rotor pengapian, dan kabel busi. Jika perlu, segera ganti bagian-bagian yang rusak dengan yang baru.

Kesimpulan

Demikian adalah beberapa cara yang bisa dilakukan saat mobil Carry mogok di jalan. Terdapat beberapa masalah yang sering muncul, mulai dari kendala pada baterai, karburator, pompa bensin, kondisi busi, kelistrikan serta pengapian. Perlu diingat bahwa, ketika menemukan masalah pada mobil, jangan panik dan tetap tenang dalam mengatasinya. Jika kesulitan, sebaiknya tanyakan pada orang yang lebih ahli untuk menyelesaikan masalah. Dengan begitu, mobil Carry kesayangan anda dapat diperbaiki kembali dan siap untuk kembali melaju di jalan raya.

Also Read

Bagikan: