Cara Menggeser Pengapian Mio

Bang Montir

Jika Anda memiliki sepeda motor Yamaha Mio, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan atau ingin menyesuaikan pengapian sepeda motor Anda. Disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, biasanya orang akan membawa sepeda motor mereka ke bengkel untuk geser pengapian. Namun, sebenarnya hal itu dapat dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Nah, berikut ini adalah cara untuk menggeser pengapian sepeda motor Yamaha Mio.

Apa itu Pengapian?

Pertama-tama, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu pengapian. Pengapian adalah proses pengiriman listrik ke busi di mesin sepeda motor, yang membuat campuran udara-bahan bakar terbakar di ruang bakar, menghasilkan daya yang membuat roda bergerak. Pengapian yang tepat waktu sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan mencegah kerusakan.

Alat yang Dibutuhkan

Alat-alat berikut diperlukan untuk menggeser pengapian Mio:

  1. Kunci busi
  2. Kunci inggris
  3. Sekrup pengunci pengapian pada CDI

Langkah demi langkah Cara Menggeser Pengapian Mio

Berikut langkah-langkah untuk menggeser pengapian Mio Anda:

  1. Langkah pertama, matikan mesin dan buka tutup bodi sekeliling yang membungkus busi dan CDI. Namun, ingatlah bahwa dalam beberapa kasus, mungkin perlu mengeluarkan stang setir.

  2. Setelah menemukan CDI, lepaskan kabel penghubung.

  3. Kemudian, buka bagian atas CDI, yang merupakan tutup penutup. Pada model Mio barulah, ada tiga atau empat sekrup yang perlu dilepaskan dengan kunci busi.

  4. Pada model Mio lawas, tutup CDI hanya dapat dilepas dengan membuka sekitar 6 sekrup kecil.

  5. Setelah tutup diangkat, Anda dapat melihat potensiometer geser pengapian di belakang inti coil CDI. Setelah pengapian digeser, sekrup pengunci geser pengapian perlu diisi kembali.

  6. Namun, sebelum menggeser pengapian, gunakan kunci busi untuk melonggarkan kembali mur pengunci di belakang potensiometer geser pengapian.

  7. Geser potensiometer geser pengapian ke kiri atau ke kanan; arah geserannya akan terlihat di depan radiator.

  8. Setelah itu, hidupkan mesin dengan membunyikannya. Jika suara mesin terdengar lebih halus dan lebih tenang, itu berarti pengapian telah disetel dengan sempurna.

  9. Terakhir, pasangkan kembali tutup CDI, pastikan kembali sekrup atau mur pengunci pengapian yang tertutup sebelumnya, dan kencangkan kembali semua sekrup yang tidak longgar.

BACA JUGA:   Bus Rosalia Indah : Kendaraan Terbaik dengan Kualitas Terbaik

Penting: Disarankan untuk mencoba melindungi CDI dengan lapisan anti-karat, karena daerah tersebut adalah daerah yang sangat mudah terkena karat.

Kesimpulan

Pemilik sepeda motor Yamaha Mio tidak perlu khawatir jika ingin menggeser pengapian sepeda motor mereka. Dengan alat yang diperlukan dan langkah demi langkah yang tepat, menggeser pengapian Mio dapat dilakukan sendiri di rumah. Yang penting di sini adalah mengetahui langkah-langkahnya dengan baik dan tidak memaksakan diri jika mengalami kesulitan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menggeser pengapian Mio Anda.

Also Read

Bagikan: