Cara Mengganti Kampas Kopling Mobil Avanza

Bang Montir

Jika kampas kopling mobil Avanza Anda sudah mulai aus dan memerlukan penggantian, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti kampas kopling mobil Avanza sendiri. Namun, sebelum Anda memulai, pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar tentang mekanika dan mengenal bagian-bagian mobil dengan baik. Jika Anda tidak yakin, lebih baik serahkan tugas tersebut kepada ahlinya.

Berikut adalah petunjuk langkah-langkah tentang cara mengganti kampas kopling mobil Avanza:

Persiapkan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pekerjaan, ada beberapa persiapan dan alat yang perlu disiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Kampas kopling mobil Avanza yang baru (pastikan Anda membeli yang asli agar kualitasnya terjamin)
  • Alat-alat mekanik seperti kunci penting, kunci pas, soket set, obeng, dan tang
  • Karpet mobil, kain bersih, dan tisu untuk membersihkan area kerja
  • Kaca mata dan sarung tangan untuk keselamatan
  • Penggaris dan marker untuk menandai posisi komponen yang akan dipasang kembali

Langkah-langkah Mengganti Kampas Kopling Mobil Avanza

  1. Pastikan mobil dalam kondisi yang mati mesin dan kuncinya dilepaskan. Kemudian, buka kap mesin dan lepas baut penyangkut baterai dengan menggunakan kunci penting. Setelah itu, lepas kabel negatif baterai agar tugas mengganti kampas kopling mobil Avanza lebih aman.

  2. Angkat mobil dengan menggunakan kunci pas dan pasangkan dongkrak yang terdapat di bagian bawahnya sebagai penyangga. Kemudian, letakkan karpet atau kain bersih di bawah mobil untuk menampung kotoran dan partikel kecil saat Anda melepas kampas kopling.

  3. Lepaskan kabel kopling dari pedal pengemudi di dalam kabin dengan menggunakan obeng, kemudian lepas plat tekan atau pressure plate dengan menggunakan kunci pas atau soket set. Setelah itu, lepas kampas kopling lama dengan hati-hati.

  4. Berikutnya, letakkan kampas kopling baru di tempat yang sesuai dan dipasangkan kembali dengan menggunakan plat tekan atau pressure plate, jangan lupa untuk mengikatnya dengan baut. Pastikan kampas kopling terpasang dengan benar dan tidak berdesakan.

  5. Setelah itu, letakkan kembali kabel kopling dengan obeng sehingga kabel dapat dihubungkan ke pedal kopling dengan tepat.

  6. Sebelum menurunkan mobil kembali ke tanah, pastikan semua baut, mur dan komponen yang terkait sudah dipasang dengan benar dan kencang.

  7. Setelah semua selesai, tes kopling dengan memulai mesin saat mobil masih diangkat oleh dongkrak, dan periksa apakah kopling berfungsi dengan baik saat mobil berjalan. Jika semua berjalan lancar, kembalikan pengaturan mobil ke semula dan selesai.

BACA JUGA:   Mobil Nangis Saat Lepas Kopling - Solusi Bagi Anda

Kesimpulan

Mengganti kampas kopling mobil Avanza bisa menjadi tugas yang cukup sulit bagi pemilik mobil yang tidak berpengalaman di bidang mekanika. Namun, jika sudah dilakukan dengan benar, mobil Avanza bisa beroperasi seperti baru kembali. Pastikan Anda selalu menggunakan kampas kopling mobil yang berkualitas agar mobil Anda dapat berjalan dengan lebih aman dan nyaman. Dengan mengetahui cara mengganti kampas kopling mobil Avanza, Anda dapat menghemat biaya dan waktu yang diperlukan jika Anda pergi ke bengkel.

Also Read

Bagikan: