Cara Mengendarai Mobil Matic Avanza Veloz

Bang Montir

Apabila Anda telah membeli mobil matic Avanza Veloz, tentu saja yang penting selain memilih mobil yang bagus adalah bisa mengendarainya dengan baik dan aman. Maka dari itu, keahlian mengemudi mobil matic Avanza Veloz adalah suatu keahlian yang wajib untuk dipelajari. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengendarai mobil matic Avanza Veloz dengan benar dan aman.

1. Mempelajari bagaimana sistem transmisi bekerja

Mobil matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang bekerja dengan cara mengubah gigi secara otomatis. Pada mobil matic Avanza Veloz, terdapat 4 gigi dan 1 gigi mundur. Sebelum mengemudikan mobil matic Avanza Veloz, pastikan Anda memahami cara kerja sistem transmisinya.

2. Mengatur posisi duduk

Posisi duduk yang benar sangat penting untuk mengemudikan mobil matic Avanza Veloz dengan nyaman dan aman. Pastikan kursi pengemudi dan kemudi dapat disesuaikan dengan postur tubuh Anda. Pastikan kaki Anda dapat meraih pedal gas, rem, dan kopling dengan mudah.

3. Menjalankan mesin

Untuk menjalankan mesin mobil matic Avanza Veloz, pastikan Anda sudah menekan pedal rem. Masukkan kunci kedalam kunci kontak, putar kunci ke arah kanan, dan tahan sampai mesin hidup. Jika mesin sudah hidup, lepaskan pedal rem dan pastikan tidak ada suara aneh serta indikator check engine tidak menyala.

4. Mengemudikan mobil

Untuk mengemudikan mobil matic Avanza Veloz, letakkan kaki Anda pada pedal rem dan rapatkan jari-jari Anda pada kemudi. Pindahkan tuas transmisi ke posisi D (dalam posisi D, mobil akan mulai bergerak secara otomatis). Lepaskan pedal rem secara perlahan-lahan dan tekan pedal gas untuk mempercepat mobil.

BACA JUGA:   Bluebird Kiosk - Kemudahan Pemesanan Taksi Online

5. Menggunakan rem

Untuk menghentikan mobil matic Avanza Veloz, tekan pedal rem perlahan-lahan sampai mobil berhenti sepenuhnya. Jangan menekan pedal rem terlalu keras karena dapat membuat roda menjadi terkunci dan mobil akan menjadi tidak stabil.

6. Menjalankan mundur

Untuk menjalankan mundur, posisikan tuas transmisi ke posisi "R" (mundur). Perhatikan sekeliling mobil dan pastikan tidak ada kendaraan lain yang mendekati. Tekan pedal rem dan lepaskan pedal gas. Kemudian, tekan pedal gas dengan lembut dan perlahan untuk mulai mundur.

7. Menggunakan AC dan perangkat lainnya

Saat mengendarai mobil matic Avanza Veloz, pastikan AC dan perangkat lainnya sudah dalam kondisi menyala. Pastikan juga lampu-lampu kendaraan sudah menyala, terutama saat malam hari atau saat kondisi cuaca buruk.

8. Memeriksa kendaraan secara teratur

Agar mobil matic Avanza Veloz tetap dalam kondisi yang baik, pastikan untuk memeriksa kendaraan secara teratur. Pastikan semua komponen dalam kondisi yang baik seperti ban, rem, oli mesin, dan lainnya.

Dalam mengemudikan mobil matic Avanza Veloz, pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan serta memahami cara-cara mengemudi yang benar dan aman. Jangan segan untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai kendaraan Anda dan pastikan selalu melakukan perawatan rutin agar mobil selalu berada dalam kondisi yang prima saat dikendarai.

Also Read

Bagikan: