Cara Mengecas Baterai Drone yang Efektif

Bang Montir

Baterai pada drone menjadi elemen krusial pada saat ingin terbang dengan drone. Dalam hal ini, sebelum terbang dengan drone, pastikan baterai sudah dalam kondisi penuh atau terisi penuh. Hal ini sangat penting supaya terbangnya drone berjalan dengan lancar dan tanpa masalah. Namun, bagaimana cara mengecas baterai drone dengan efektif? Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Pertahankan Baterai dalam Kondisi Ideal

Cara pertama yang perlu dilakukan saat mengecas baterai pada drone adalah pastikan dijaga pada kondisi idealnya. Dalam hal ini, pastikan bahwa drone dan baterai yang digunakan dalam keadaan suhu ruangan. Hal ini berpengaruh pada daya tahan dan umur baterai.

2. Pastikan Tipe Charger yang Digunakan Sesuai

Baterai drone yang digunakan biasanya memiliki tipe charger sesuai kapasitas dan jenisnya. Pastikan charger yang digunakan juga sesuai untuk jenis dan kapasitas baterai drone. Ini sangat berpengaruh pada kinerja baterai, dan akan mempengaruhi umur dan daya tahan baterai drone.

3. Pemilihan Power Bank

Selain mengguanakan charger yang sesuai untuk drone, bisa juga menggunakan power bank sebagai media charger baterai drone. Namun, sebelum menggunakan power bank pastikan kekuatan dan kapasitas yang dimiliki oleh power bank bisa digunakan untuk mengecas baterai drone.

4. Mengecas Baterai dengan Waktu yang Tepat

Setelah memastikan semuanya sudah siap, langkah selanjutnya dalam mengecas baterai pada drone adalah tepat dalam mengecas sesuai waktu yang diperlukan. Biasanya, durasi waktu yang dibutuhkan untuk mengecas baterai adalah sekitar 30 menit hingga 1 jam.

BACA JUGA:   Apa Itu Cutting Sticker?

5. Jangan Meninggalkan Baterai yang Sedang Diisi Daya

Saat mengisi daya baterai drone, jangan pernah meninggalkannya tanpa pengawasan. Karena saat baterai sudah penuh terisi daya, bisa jadi akan ada masalah pada baterai.

6. Kondisi Baterai

Jangan pernah memaksakan penggunaan baterai drone ketika sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kelemahan. Ini berpotensi merusak baterai jangka pendek maupun jangka panjang.

7. Simpan Baterai di Tempat yang Baik

Setelah selesai dipakai, pastikan baterai drone disimpan pada tempat yang baik dan benar. Hindari penyimpanan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung dan suhu ruangan yang naik turun dalam waktu lama. Lebih baik simpan pada tempat yang kering dan jauh dari sumber suhu yang ekstrem.

Dengan cara-cara yang telah dijabarkan di atas, pemilik drone akan mendapatkan performa yang maksimal dari baterai drone. Selain itu, akan meningkatkan umur dan efektivitas baterai ketika dipakai untuk terbang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan: