Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Bang Montir

Mobil mogok di jalan tentu sangat menjengkelkan dan bikin ketar-ketir. Namun, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Di artikel ini, saya akan berbagi tips dan trik tentang cara mengatasi mobil mogok di jalan agar Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan tenang.

Pemeriksaan Awal

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mobil mogok adalah melakukan pemeriksaan awal. Periksa apakah mesin masih bisa dihidupkan atau tidak. Jika masih bisa dihidupkan, coba periksa apakah ada lampu indikator yang menyala atau tidak. Bila lampu indikator menyala, berarti masalah bisa terjadi pada sistem bahan bakar atau sistem pengapian.

Cek Kondisi Baterai

Cara mengatasi mobil mogok selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi baterai. Cek apakah kabel baterai terkunci atau tidak, serta kondisi kabel positif dan negatif. Jika kabel terkunci, coba lepaskan dan bersihkan kabel tersebut dari kotoran dan oksidasi. Bila baterai sudah lemah dan tidak bisa di-charge lagi, segera ganti baterai dengan yang baru.

Periksa Sistem Pengapian

Sistem pengapian bisa menjadi penyebab mobil mogok. Coba lacak apakah ada kabel pengapian yang lepas atau tidak terhubung dengan benar. Selain itu, cek juga busi mesin apakah sudah kotor atau tidak. Bila sudah kotor, bersihkan busi tersebut dengan sikat dan lap yang bersih.

Debu di Sistem Bahan Bakar

Debu bisa menjadi penyebab masalah pada sistem bahan bakar mobil. Coba bersihkan filter udara, lebih baik jika langsung diganti dengan yang baru. Selain filter udara, pastikan juga bahan bakar yang digunakan masih berkualitas dan belum kadaluarsa. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi tangki bahan bakar apakah masih penuh atau tidak.

BACA JUGA:   Apa Itu TMO? Mengenal Lebih Dekat Teknologi Turbocharged Stratified Injection

Panggil Bantuan

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan mobil masih mogok di jalan, jangan ragu untuk memanggil bantuan. Tidak semua mobil diyakini dapat diperbaiki di tempat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghubungi layanan derek atau montir profesional untuk membantu Anda.

Kesimpulan

Mobil mogok di jalan memang merupakan masalah yang sangat mengganggu. Namun, jangan panik dan tetap tenang. Lakukan pemeriksaan awal, cek kondisi baterai, periksa sistem pengapian, bersihkan debu di sistem bahan bakar, dan panggil bantuan jika semua cara sudah dilakukan namun mobil masih mogok. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat mengatasi masalah mobil mogok di jalan dengan sempurna.

Also Read

Bagikan: