Cara Memainkan Kopling Mobil Saat Berbelok

Bang Montir

Berbelok merupakan salah satu aksi dasar yang harus dilakukan dalam mengemudi. Namun, untuk menghindari terjadinya pembebanan pada bagian transmisi, maka diperlukan teknik yang benar dalam memainkan kopling saat melakukan belok. Berikut ini adalah cara memainkan kopling mobil saat berbelok:

Menginjak Kopling Saat Akan Berbelok

Sebelum akan melakukan belok, pastikan Anda menginjak pedal kopling sampai dasar sehingga mesin tidak lagi terhubung dengan transmisi. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah terjadinya pembebanan pada transmisi dan memastikan mobil tetap dalam kontrol penuh.

Tahan Posisi Kopling sampai Belok Selesai

Selama dalam posisi belok, tahan kopling dalam posisi yang sama. Jangan menginjak kopling atau membebaskannya, kecuali untuk mengubah gigi. Hal ini akan membantu memastikan agar tidak terjadi pembebanan pada transmisi dan juga menjaga kontrol mobil dalam keadaan stabil.

Berikan Gas Pelan-pelan

Setelah melakukan belok, kemudian Anda dapat melepaskan pedal kopling dan berikan gas pelan-pelan. Pastikan mesin mobil tidak mati dan kendaraan tetap stabil kembali. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan gas agar tidak membahayakan keamanan pengemudi dan penumpang.

Cek Kondisi Mobil

Pastikan mobil Anda dalam kondisi prima dan siap untuk digunakan. Beberapa hal yang perlu diperiksa, di antaranya adalah rem, gigi, dan kondisi mesin. Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, dapat membantu Anda memastikan bahwa mobil selalu dalam kondisi yang baik untuk dikendarai.

Dengan mengikuti teknik di atas, kini Anda telah belajar cara memainkan kopling mobil saat berbelok. Selalu pertimbangkan keamanan dan perawatan mobil yang baik agar selalu bisa mengemudi dengan nyaman dan aman.

BACA JUGA:   Cara Memasang Kampas Kopling Mobil Avanza

Also Read

Bagikan: