Cara Melepas Kopling Mobil

Bang Montir

Kopling adalah perangkat yang sangat penting pada mobil manual. Kopling memungkinkan pemindahan gigi dengan mudah ketika mengemudikan mobil. Namun, ada kalanya kita perlu melepaskan kopling mobil untuk beberapa hal, seperti saat mengganti gigi.

Berikut adalah cara untuk melepaskan kopling mobil dengan benar:

Langkah 1: Persiapkan Mobil Anda

Pastikan mobil Anda berada pada permukaan yang datar dan tidak ada halangan di sekitar mobil. Posisikan mobil dalam kondisi gigi netral dan angkat kaki kanan dari pedal kopling.

Langkah 2: Matikan Mesin Mobil

Matikan mesin mobil dan pastikan rem tangan sudah tertarik. Pastikan juga drum rem belakang dan kopling sudah dingin.

Langkah 3: Masukkan Safety Stand

Masukkan safety stand untuk memberikan penyangga pada mobil. Letakkan di bawah bagian mobil yang dekat dengan kopling. Jangan lupa periksa kembali apakah safety stand sudah benar-benar terletak dengan baik.

Langkah 4: Melepas Bagian Transmisi

Bagian transmisi perlu diangkat dari mobil dengan hati-hati dan perlahan. Pastikan bagian ini keluar dari posisi gigi kamarnya. Setelah itu, lepaskan baut penyangga yang mengikat transmisi dengan body mobil.

Langkah 5: Melepas Kabel Kopling

Lepaskan kabel kopling dengan hati-hati. Kabel ini terhubung dengan kopling pada transmisi mobil, dan harus dilepaskan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lain.

Langkah 6: Melepas Pressure Plate

Melepas pressure plate diperlukan untuk melepas kopling mobil. Untuk itu, lepas sekrup pada pressure plate dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lain.

BACA JUGA:   Cara Naik Mobil Kopling

Langkah 7: Melepas Bearing

Melepas bearing pada kopling mobil berfungsi untuk mengeluarkan bagian kopling dari transmisi mobil. Pastikan untuk melepaskan bearing dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lain.

Langkah 8: Melepas Flywheel

Melepas flywheel pada mobil adalah tindakan terakhir untuk melepaskan kopling. Pastikan untuk melepaskan baut penyangga yang merekatkan flywheel ke crankshaft pada mesin mobil.

Cara melepas kopling mobil sebenarnya cukup mudah. Namun, diperlukan kehati-hatian agar bagian-bagian mobil tidak rusak. Pastikan untuk menerapkan langkah-langkah di atas dengan benar agar Anda dapat melepaskan kopling mobil dengan aman dan berhasil.

Also Read

Bagikan: