Cara Ganti Plat Kopling Mobil Avanza

Bang Montir

Jika Anda memiliki mobil Avanza yang sudah lama dipakai, mungkin waktu untuk mengganti plat kopling. Plat kopling akan mengalami aus setelah pemakaian mobil yang cukup lama, yang membutuhkan penggantian secara berkala. Bagaimana cara mengganti plat kopling pada mobil Avanza? Berikut beberapa langkahnya:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai penggantian plat kopling, pastikan bahwa Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan. Anda akan memerlukan obeng, kunci pas, penyokong mobil, palu, dan plat kopling baru. Pastikan juga untuk membaca buku manual mobil Avanza yang menjelaskan langkah-langkah dalam detail.

2. Siapkan Mobil

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahan, pastikan mobil dalam keadaan mati total dan pastikan bahwa parkir rem diaktifkan. Saat mengganti plat kopling, pastikan juga untuk membuka kap depan.

3. Keluarkan Kopling Lama

Kopling lama dapat dihapus dengan membuka baut yang menjepit kopling di tempatnya. Gunakan kunci pas untuk membuka baut-baut tersebut dan angkat kopling keluar dari tempatnya. Pastikan bahwa kopling dikeluarkan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lainnya.

4. Pasang Plat Kopling Baru

Setelah membuang kopling lama, pasang plat kopling yang baru. Periksa apakah bahannya sama dengan plat kopling yang lama dan cocok untuk mobil Avanza Anda. Saat memasang (atau memasang kembali) plat kopling, pastikan bahwa plat tersebut tidak mengalami kerusakan atau cacat.

5. Pasang Kopling Baru

Setelah plat kopling terpasang dengan benar, pasang kopling baru pada tempatnya. Pastikan bahwa kopling terpasang dengan kuat dan benar-benar masuk ke tempatnya. Gunakan baut dan kunci pas untuk menjepit kopling ke tempat aslinya.

BACA JUGA:   Mengenal Kerusakan Kopling Motor dan Cara Mengatasinya

6. Uji Mobil

Setelah semua bagian dipasang kembali dan dalam keadaan aman, coba hidupkan mobil dan uji kopling dengan memeriksa apakah kopling berfungsi dengan baik. Pastikan juga bahwa tidak ada suara atau getaran aneh yang muncul setelah memasang plat kopling yang baru.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah untuk mengganti plat kopling mobil Avanza. Meskipun terdengar rumit, penggantian plat kopling bisa dilakukan sendiri dengan bantuan panduan dan alat yang tepat. Pastikan Anda memahami langkah-langkah dengan benar dan melakukan penggantian plat kopling dengan hati-hati. Dengan demikian, mobil Avanza Anda akan selalu berada dalam kondisi terbaik dan tidak akan mengalami masalah menjengkelkan di jalan.

Also Read

Bagikan: